Cegah DBD dengan PSN Serentak

569
ILUSTRASI

KETAPANG – Dinas Pesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan melalui Puskesmas Ketapang terus berupaya memerangi wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) diwilayah itu. Pasalnya, sejak awal tahun ini sudah ada 9 kasus DBD tersebar disejumlah desa di Kecamatan Ketapang.
Puskesmas Ketapang mengajak seluruh lapisan masyarakat dan unsur pemerintahan kecamatan (Uspika) serta aparat desa untuk melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) secara serentak.
Kepala Puskesmas Ketapang Samsu Rizal mengatakan, gerakan serentak PSN akan melibatkan masyarakat, pemerintah kecamatan, TNI/Polri dan instansi terkait. Menurutnya, gerakan PSN tidak hanya dilakukan dilingkungan luar rumah tapi juga sampai dalam rumah-rumah warga.
Samsu Rizal mengatakan, perkembangbiakan nyamuk DBD (Aedes Agepty) tidak hanya diluar lingkungan rumah tapi bisa berkembangbiak di dalam rumah seperti bak-bak penampungan air dan kain-kain yang digantung dalam rumah. Untuk itu, kata dia, gerakan serentak PSN akan ditingkatkan, tidak hanya diluar likungan rumah yang kotor tapi juga sampai didalam rumah.
“Rencananya, gerakan serentak PSN akan dilaksanakan minggu-minggu ini. Kami akan berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan, Uspika (TNI/Polri), instansi terkait dan aparat desa. Gerakan gotong royong bersih lingkungan ini dilaksanakan semua desa terutama di desa-desa yang endemis dengan penyebaran DBD seperti di Desa Lebungnala, Sripendowo, Tri Dharmayoga dan desa lainnya,” tutur Samsu Rizal, kemarin.
Lebih lanjut Samsu Rizal mengatakan, gerakan PSN tidak hanya dilaksanakan dilingkungan rumah warga tapi juga dilingkungan sekolah-sekolah. “Kami sudah berkoordinasi dengan sekolah-sekolah untuk meningkatkan PSN untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk DBD,” katanya.
Selain PSN, tambah Rizal, Puskesmas melalui bidan desa sudah memberikan bubuk abate kepada warga sekitar rumah korban terjangkit DBD. “Kami juga sudah melakukan pengasapan (fogging) rumah korban dan warga sekitarnya yang terkena DBD,” pungksnya. (man)

BAGIKAN