Cegah Defisit Beras

735

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) tengah mempersiapan program-program penanaman sesuai jadwal Oktober 2015 – Maret 2016, mendatang. Ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi defisit beras di wilayah Kabupaten Khagom Mufakat ini.

Kepala DPTPH Lamsel Ir. Muverdi CH mengatakan, selain jadwal program penanaman padi, pihaknya juga mengimbau kepada para petani untuk tetap melakukan penanaman padi pada cuaca sekarang ini. Terutama, para petani lahan persawahan yang dekat sumber air misalnya sungai, embung dan sumbur bor.

“Kita sedang buat program ini. Karena, kami ingin jadwal tanam bisa tertata rapi. Sehingga, kita di Lamsel tidak akan pernah mengalami defisit beras,”ungkap Muverdi melalui sambungan telepon, Minggu (8/11).

Menurutnya, pihaknya juga berupaya untuk mencegah kekeringan di lahan persawahan saat musim kemarau tiba. Seperti halnya, dengan menambah saluran-saluran air melalui APBD dan bantuan pompa air.

“Ini sebagai upaya kita mencegah kekeringan. Perlahan kami programkan penambahan-penambahan pompa air dan saluran-saluran sekunder dan tersier,”terangnya.

Meski kemarau panjang melanda sebagian besar areal persawahan di Lamsel, lanjutnya, hingga saat ini Lamsel tidak mengalami defisit besar. “Kita pastikan wilayah Lampung Selatan produksi beras masih aman. Sebab, masih ada sebagian lahan sawah pada musim kemarau ini tetap panen seperti di wilayah Kecamatan Palas dan Kecamatan Penengahan,”pungkasnya. (idh)

BAGIKAN