Cegah Serangan Ulat Grayak, UPT Pertanian Gelar Pengendalian Serentak

100
Ilustrasi Serangan Ulat Grayak

PALAS – Menindaklanjuti adanya serangan hama ulat grayak yang merusak tanaman jagung di Desa Bumidaya, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penyuluh Pertanian Kecamatan Palas akan menggelar pengendalian serentak pada Kamis (20/6) mendatang.

          Kepala UPT Penyuluh Pertanian Kecamatan Palas Agus Santosa mengatakan, pengendalian secara serentak ini bertujuan untuk meredam potensi meluasnya serangan ulat grayak pada tanaman jagung di Desa Bumidaya.

          “Tindakan pengendalian serentak yang akan dilakukan Kamis mendatang sebagai untuk mencegah potensi kerusakan tanaman jagung akibat serangan hama ulat grayak di Desa Bumidaya,” kata Agus Santosa kepada Radar Lamasel, Selasa (18/6).

BACA :  Maut di Seberang Renggut Satu Keluarga

          Agus menerangkan, serangan ulat grayak yang terjadi di Desa Bumidaya dalam dua pekan terahir setidaknya menyebabkan tanaman jagung seluas 4,75 hektar mengalami kerusakan.

          “Dari hasil pemantauan yang dilakukan dilapangan kerusakan hampir mecapai lima hektar. Akibatnya petani harus melakukan penanaman ulang karena dampak kerusakannya cukup para,” terangnya.

          Lebih lanjut Agus mengungkapkan, pengendalian hama ulat grayak tersebut akan dilakukan dengan penyemprotan pestisida khusus. Pasalnya populasi ulat grayak memiliki biotipe dengan kekebalan terhapa pestisida yang lebih tinggi.

BACA :  Alhamdulillah Pustu Bunut Aktif Kembali

          “Selain dengan penyemprotan dengan pestisida khusus. Kami juga akan menggelar sosialisasi kepada petani terkait penanganan hama ulat grayak yang telah kebal pestisida ini. Untuk itu kami sangat mengharapkan kehadiran petani agar pengendaliannya bisa dilakukan  dengan serentak sehingga serangannya tidak meluas,” paparnya. (vid)

BAGIKAN