Ciptakan Pemuda yang Berkualitas dan Berkarakter

281

KALIANDA – Forum Mahasiswa Peduli Kependudukan (FMPK) STIE Muhammadiyah Kalianda menggelar seminar kepemudaan di aula perguruan tinggi setempat, Rabu (10/1) kemarin. Kegiatan yang diikuti puluhan Siswa SMA dan mahasiswa ini dimaksudkan untuk menciptakan pemuda yang mandiri, berkualitas dan berkarakter.

Seminar kepemudaan yang secara langsung dibuka Ketua STIE Muhammadiyah Kalianda Tamam, SE, MM ini mengundang dua orang pejabat Lamsel sebagai pemateri. Yakni, Kepala Dispora Thomas Amirico, S.STP., M.H., dan Kepala Dinas Pengendalian Kependudukan dan KB Drs. Rohadian.

“Mudah-mudahan, seminar kepemudaan ini bisa menjadi salah satu upaya kita dalam mewujudkan pemuda yang berkualitas dan berkarakter. Karena, pemuda memiliki peran yang strategis untuk bersinergi bersama pemerintah memajukan daerah,” ujar Tamam.

Kepala Dispora Thomas Amirico dalam pemaparan nya menjelaskan, pemuda harus mempunyai mimpi dan tekad yang kuat untuk menggapai mimpinya. Dengan begitu, rintangan yang menanti di depan bisa diminalisir.

Dia juga berpesan, para pemuda harus dapat berperan aktif dalam rangka membantu pemerintah membangun daerah. “Pemuda yang berkualitas dan berkarakter adalah pemuda yang menjauhi narkoba serta pergaulan bebas. Karena, pemuda adalah generasi yang bakal menggantikan para pemimpin yang ada saat ini,” tegas Thomas.

Pada bagian materi lain, Kepala Disdalduk dan KB Rohadian menjelaskan, perencanaan yang matang perlu dipersiapkan oleh para pemuda demi menggapai cita-citanya. Salah satunya, adalah dengan menunda usia pernikahan. Karena, nikah pada usia muda selalu menjadi hambatan dalam menggapai cita-cita.

“Maka, para pemuda harus membentengi diri dengan iman dan takwa. Dengan begitu, pemuda bisa terhindar dari kehidupan seks bebas yang mendekatkan diri pada pernikahan di usia dini,” terangnya. (idh)

BAGIKAN