Curah Hujan Tinggi, Awas Flu Burung!

447
Kepala Disnak Lamsel, Ir. Cecep Khairuddin

KALIANDA – Curah hujan yang masih tinggi membuat Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Lampung Selatan khawatir akan penyebaran virus Avian Influenza (flu burung’red) bagi hewan ternak unggas. Pasalnya, virus tersebut akan mudah menyebar pada suhu yang lembab.
Kepala Disnak Lamsel Ir. Cecep Khoirudin mengharapkan kepada pemilik ternak untuk dapat mengandangkan hewan peliharaannya pada musim penghujan ini. Agar, dapat mencegah penyebaran penyakit mematikan tersebut.
“Ini sebagai langkah antisipasi penyebarannya. Apabila hewan dikandangkan, akan diketahui penyebaran virus tersebut dan lebih mudah mengantisipasinya,”kata Cecep saat ditemui di Kantor Bupati Lamsel, Jum’at (29/4) pekan lalu.
Langkah tersebut, tambah Cecep, merupakan salah satu upaya mendukung program pemerintah yang mana Provinsi Lampung ditargetkan bebas flu burung pada tahun 2020, mendatang.
“Kami sudah memulai melakukan antisipasi terjangkitnya flu burung pada hewan unggas terutama ternak yang ada di sektor kompertemen yakni perusahaan-perusahan peternakan unggas. Melalui surat himbauan yang telah kami sebar agar perusahaan melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaannya,”bebernya.
Lebih lanjut dia mengatakan, Disnak juga telah siap melakukan vaksinasi terhadap ternak warga apabila terjangkit flu burung. Sebab, pihaknya masih memiliki stok vaksin flu burung sekitar 50 ribu dosis.
“Kami targetkan, dalam waktu 3-4 tahun Lamsel sudah bisa bebas dari virus flu burung dengan upaya yang sudah kami lakukan. Sehingga, kedepannya perusahaan ternak unggas yang cukup banyak berdiri di Lamsel bisa melakukan ekspor ke negara tetangga,”pungkasnya. (idh)

BACA :  Bantuan Ternak Banyak Yang Mati, Warga Tanya Bantuan Pakan
BAGIKAN