Darsito Monitoring Nama Jalan Desa

718
Nyoman Subagio – Camat Ketapang Darsito melakukan pengecekan jalan dan nama jalan di Kecamatan Ketapang, kemarin.

KETAPANG – Pemerintah Kecamatan Ketapang terus melakukan monitoring desa-desa terkait pemberian nama-nama jalan di desa. Hal ini terkait intruksi Bupati Lampung Selatan H. Zainudin Hasan agar jalan-jalan di desa diberikan nama untuk mengetahui jalan yang akan dibangun menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tahun ini.

Camat Ketapang Darsito, SP turun ke Desa Karangsari untuk mengetahui persiapan desa tentang pembangunan jalan yang dilaksanakan tahun ini. Dengan didampingi Kepala Desa Karangsari Sulistiono, Camat Ketapang mengecek nama-nama jalan di desa ini.

“Desa Karangsari sudah selesai memberikan nama-nama jalan. Kami juga mengecek jalan mana saja yang akan dibangun menggunakan dana desa tahun ini,” kata Darsito, Rabu (1/3) kemarin.

Menurut Darsito, pendataan sekaligus memberikan nama jalan didesa-desa dimaksudkan untuk menghindari pembangunan jalan yang tumpang tindih yang dilaksanakan Pemkab Lamsel dan pemerintahan desa.

BACA :  Nama-nama Anggota DPRD Lamsel 2019-2024

“Identifikasi ini dimaksudkan untuk membedakan jalan kabupaten dan desa sehingga nantinya tidak terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaan pembangunan baik yang dilaksanakan Pemkab Lamsel melalui APBD dan pemerintah desa menggunakan dana desa (DD),” kata Darsito.

Mantan Camat Penengahan dan Bakauheni ini menambahkan, setelah melakukan identifikasi ruas jalan kabupaten sekaligus pengukuran,  pemerintah akan menganggarkan pembangunan. “Diluar ruas jalan yang sudah diidentifikasi jalan kabupaten, maka jalan ruas jalan itu adalah ruas jalan desa. Nanti pemerintah desa akan membangun menggunakan dana desa dan ditargetkan tahun 2019 semua ruas jalan desa dan ruas jalan kabupaten mulus,” ungkapnya.

BACA :  Nanang Buka Kejurda Atletik Lamsel Open 2019

Kepala Desa Karangsari Sulistiono mengatakan, identifikasi dan pemberian nama jalan sudah selesai dilaksanakan didesanya. Bahkan ruas jalan yang rencananya dibangun menggunakan DD sudah ditentukan pemerintah desa setempat. “Nama jalan atau gang sudah diberikan setiap ruas jalan. Kami juga sudah merencanakan, ruas jalan yang akan dibangun tahun ini menggunakan DD,” ujarnya.

Dia mencontohkan, pemerintah desa akan membangun di ruas jalan Lubuk Jaling sepanjang 1 kilometer dengan bentuk bangunan cor beton. “Ruas jalan Lubuk Jaling ini akan kami bangun tahun ini dengan menggunakan dana desa. Kami akan bangun cor beton sesuai arahan bapak Bupati,” ujarnya.(man)

 

BAGIKAN