DD Tahap 3, Desa Jatimulyo Bangun 458 Meter Jalan

5
Foto 1 : Kades Jatimulyo Sumardi, SE dan istri berpose dengan Plt. Bupati Lamsel H Nanang Ermanto dan istri.

JATI AGUNG – Geliat pembangunan di Desa Jatimulyo terus berlanjut, tahap 3 Dana Desa (DD) tahun 2019 ini setidaknya 458 meter jalan rabat beton akan dibangun. Total akan ada tiga titik di Dusun II C menjadi objek pembangunan jalan di Desa dengan perekonomian terpesat tersebut.

Pemerintah Desa (Pemdes) Jatimulyo dibawah kepemimpinan Sumardi, SE terus memperlihatkan kemajuan yang signifikan, semangat pensiunan Pegawai Negeri Sipil itu berhasil meningkatkan semangat berbenah.

Dalam setiap pembangunan infrastruktur, sebagai Kades Sumardi sangat menghargai keinginan warganya sehingga tidak pernah pekerjaan menggunakan DD mengedepankan ego dirinya sebagai kades. “Semuanya selalu saya diskusikan dengan masyarakat, tidak ada juga yang saya tutupi,” kata dia.

Transparansi juga dikedepankan olehnya, bahkan setiap warga dimintanya untuk mengetahui semua penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dari tahun ketahunnya. “Untuk apa ditutup-tutupi, semuanya saya buka kepada masyarakat,” ujarnya.

Perbaiki Balai Desa, Kembangkan BUMDes

TIDAK hanya membangun infrastruktur jalan, Sumardi juga secara perlahan memperbaiki Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa Jatimulyo bahkan perubahan sangat kentara dengan tingkat pelayanan yang semakin membaik. Warga menilai pelayanan publik semakin mudah ketimbang sebelumnya.

BACA :  Rutin Bayar Pajak di Tanah Polemik

Memperbaiki Balai Desa merupakan salah satu bentuk dalam meningkatkan kualitas SDM, sebab dengan baiknya kondisi balai desa maka akan menunjang kinerja para pamong desa.

Sumardi mengatakan, perbaikan balai desa yang merogoh kocek pribadinya itu telah dimulai sejak sehari dirinya dilantik sebagai kepala desa pada agustus lalu.

Selain itu, Ia juga fokus dalam perbaikan BUMDes yang dinilai belum berjalan dengan baik. Pemberdayaan pemuda menjadi andalannya. Ia bahkan mengajak semua pemuda di dusun-dusun untuk aktif membantu BUMDes yang berupa retribusi sampah dan rumah kreatif.

Kerja Keras, Kerja Ikhlas dan Kerja Tuntas

SEBAGAI kades yang baru memimpin Desa Jatimulyo Sumardi sadar betul banyak warga yang masih belum puas dengan kinerjanya.

Namun, Ia tak ingin larut dalam pesimistis segelintir warganya itu. Ia mengaku sangat optimis dengan perkembangan Desa Jatimulyo meskipun pelan tapi pasti.

BACA :  Muzani Sosialisasi Empat Pilar

Ia mengaku sangat ingin desa yang dipimpinnya maju dalam segala bidang, baik itu infrstruktur maupun Sumber Daya Manusia (SDM)nya. “Saya sangat ikhlas untuk kemajuan desa, biarlah orang menilaianya tanpa harus saya berkata. Bisa dilihat hasilnya saat ini,” tuturnya.

Sumardi berharap seluruh hasil pembangunan di desanya bisa dijaga oleh warga, sehingga pada saatnya nanti semua akses jalan sudah selesai dibangun pekerkaan yang lama kondisinya tetap baik. “Saya berharap warga bisa menjaga hasil pembangunan ini, karena yang susah itu adalah menjaga hasil pembangunan,” katanya.

Ia juga sangat besyukur kucuran DD bisa dirasakan langsung oleh masyarakat desa bahkan mampu meningkatkan perekonomian warga khususnya yang menggunakan akses jalan setiap harinya. “Tentu kami sangat bersyukur dengan DD ini, semoga kami bisa menjaga hasil pembangunan dengan baik. (adv)

BAGIKAN