Demokrat Rombak Komposisi AKD Pekan Ini?

1115
Wakil Ketua I DPRD Lamsel Supriyanto Hutagalung

KALIANDA – Elite politik Partai Demokrat Lampung Selatan sepertinya masih menggodok sejumlah nama terkait rolling posisi kader di alat kelengkapan dewan (AKD) DPRD Lampung Selatan.
Kabar terbaru, reposisi kader demokrat di AKD DPRD Lamsel itu bakal terjadi pekan ini. Tepatnya pada rapat paripurna pelantikan dua anggota DPRD Lamsel hasil pergantian antar waktu (PAW) dewan pada Kamis (14/1) mendatang.
“Saya tidak tahu persis. Saya buta informasi mengenai hal ini (evaluasi dan perombakan,” kata politisi Demokrat Supriyanto Hutagalung, S.P kepada Radar Lamsel melalui sambungan teleponnya, kemarin.
Wakil Ketua I DPRD Lamsel itu hanya membenarkan bahwa Kamis (14/1) mendatang, DPRD Lamsel telah mengagendakan rapat paripurna istimewa tentang pelantingan dua anggota DPRD. “Kalau pelantikan dewan hasil PAW, iya. Tapi kalau perombakan saya tidak tahu,” ungkap Supriyanto.
Anggota DPRD Lamsel dari daerah pemilihan (dapil) 2 Natar ini mengatakan telah berkomunikasi dengan Ketua DPC Partai Demokrat Lamsel H. Eki Setyanto.
Namun, komunikasi itu bukan mengenai perombakan posisi kader demokrat dalam AKD. “Tadi pagi saya ditelpon pak ketua (Eki Setyanto’red). Tapi bukan soal perombakan AKD,” ungkap Supriyanto.
Supriyanto juga mengatakan informasi mengenai evaluasi dan perombakan posisi kader demokrat di AKD juga diketahui dari pemberitaan dimedia. “Memang ada teman-teman yang bertanya soal itu. Ya, baru tahu dari media juga,” ungkap Supriyanto.
Kendati demikian, Supriyanto mengungkapkan bahwa evaluasi yang dilakukan partai merupakan hal yang wajar jika memang akan dilakukan.
”Ya, kan wajar. Ini konteksnya jika memang ada evaluasi ya. Tapi sejauh ini saya benar-benar tidak tahu sama sekali. Saya kan kader yang juga ditempatkan di dewan. Posisi saya kalau di fraksi adalah anak buah fraksi,” ungkap dia implisit.
Hingga kemarin, Ketua DPC Partai Demokrat Lamsel H. Eki Setyanto belum dapat dimintai keterangannya oleh Radar Lamsel terkait evaluasi dan perombakan komposisi kader internal Partai Demokrat di parlemen.
Nomor ponsel mantan Wakil Bupati Lamsel itu dalam kondisi tidak aktif. Tak hanya Eki, Ketua Divisi Komunikasi dan Informasi Publik DPC Partai Demokrat Lamsel H. Rudi Apriadi KM sepertinya juga puasa berkomentar.
Meski dalam kondisi aktif, panggilan telepon ke nomor handpone mantan Ketua PWI perwakilan Lamsel dua periode ini tidak diangkat.
Diketahui, diam-diam DPC Partai Demokrat Kabupaten Lampung Selatan mengevaluasi kinerja kader yang duduk di kursi DPRD Lampung Selatan.
Partai berlambang bintang mercy ini mengaku bakal melakukan perombakan posisi alat kelengkapan dewan (AKD) dan pimpinan fraksi di DPRD Lamsel. Demokrat membantah perombakan personil ini berlatarbelakang kekalahan pada pilkada Lampung Selatan.
Ketua Divisi Informasi dan Komunikasi Publik DPC Partai Demokrat Lamsel H. Rudi Apriadi, KM mengungkapkan evaluasi kinerja ini merupakan intruksi dari Ketua DPC Demokrat Lamsel H. Eki Setyanto dan Ketua DPD Demokrat Lampung M. Ridho Ficardo.
Menurut dia, perombakan dilakukan sebagai bentuk penyegaran kader untuk memaksimalkan kinerja kader di DPRD Lampung Selatan.
“Nggak. Ini nggak ada kaitannya dengan pilkada. Penyegaran biasa dalam setiap organisasi,” kata Rudi kepada Radar Lamsel pekan lalu.
Sementara itu, sejumlah kader Demokrat yang memegang jabatan penting di DPRD Lamsel diantaranya Wakil Ketua I DPRD Lamsel Supriyanto Hutagalung, Ketua Komisi A H. A. Bakri, S.Pd, Sekretaris Komisi B Suhendra dan Ketua Fraksi Demokrat Jenggis Khan Haikal, S.H,.M.H.
Lalu, nama-nama seperti I Ketut Wartadinanta, Muhammad Supriyadi dan Sukarnen Wiryodinoto hanya menjadi anggota biasa disetiap alat kelengkapan. (edw)

BACA :  Kelapa Puan Kalianda Menjamah Bali
BAGIKAN