Desa Banjarmasin Genjot Pembangunan

582

Umar Dani: Infrastruktur Sentuh Semua Dusun

PENENGAHAN – Pemerintah Desa Banjarmasin, Kecamatan Penengahan terus berupaya meningkatkan sarana infrastruktur di wilayahnya. Ini terlihat dari gencarnya pembangunan yang dilakukan pemerintah desa dari tahun ke tahun.

Inilah proses pembangunan jalan rabat beton yang dikerjakan di Desa Banjarmasin.

Buktinya, pada tahun ini Pemerintah Desa Banjarmasin telah menggelontorkan anggaran pembangunan yang bersumber dari dana desa (DD) sebesar Rp 500 juta lebih. Besaran anggaran ini digunakan untuk membangun infrastruktur seperti jalan rabat beton, talud dan gorong-gorong.

Kepala Desa Banjarmasin Umar Dani didampingi Sekdes Banjarmasin Khojali berfoto bersama Kasi Pemerintahan Kecamatan Penengahan Mulyanto usai mengecek proses pembangunan di desa setempat.

Kepala Desa Banjarmasin Umar Dani mengatakan, proses pengerjaan jalan rabat beton tahun ini dilakukan secara merata. Ini dilakukan agar seluruh wilayah di Desa Banjarmasin tersentuh pembangunan.

BACA :  Surveilans ke Desa, Lacak Kasus Kurang Gizi

Hasil pembangunan jalan rabat betong di Desa Banjarmasin.

Umar menjelaskan, pembangunan jalan rabat beton di empat dusun memakan anggaran sebesar anggaran Rp. 503.936.318,-tersebut dikerjakan di 7 titik dengan total panjang 900 meter lebih. Kemudian lebar memiliki diameter yang bervariatif, mulai dari 1,5 – 3 meter.
“Tahun ini kami targetkan pembangunan harus menyentuh semua dusun. Kami ingin melihat suma masyarakat merasakan dampak pembangunan yang kami kerjakan pada tahun ini,” kata Umar kepada Radar Lamsel, (19/9) kemarin.

Tim Pelaksana Kegiatan sedang mengerjakan pembangunan gorong-gorong di dusun 1, Desa Banjarmasin.

Umar melanjutkan, tahun ini pihaknya juga menggelontorkan dana sebesar Rp. 14.463.600,- yang digunakan untuk membangun talud sepanjang 50 meter di dusun 1.

BACA :  Penengahan ‘komit’ Tingkatkan Derajat Kesehatan

“Disisi lain, kami juga mengikutsertakan pembangunan 2 unit gorong-gorong di dusun 1. Total anggaran yang kami keluarkan untuk gorong-gorong ini Rp 10 juta lebih,” katanya.

Dalam proses pengerjaan, Umar mengatakan pihaknya melibatkan seluruh elemen baik dari pemerintahan dan pihak masyarakat.

“Semuanya kami libatkan, dari aparat desa, kadus, RT, dan masyarakat semuanya ikut. Karena kami bekerja bersama untuk membangun desa,” katanya.

Tim Pelaksana Kegiatan sedang mengerjakan pembangunan talud di dusun 1 , Desa Banjarmasin.

Selanjutnya pada tahap 3, Umar mengatakan bahwa pihak masih akan melanjutkan pembangunan jalan rabat beton sepanjang 160 meter di dusun 4 dan 275 meter di dusun 3.

“Setelah selesai, kami juga akan berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) baik aparat desa dan masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan dan pembinaan,” katanya. (rnd)

BAGIKAN