Desa Campang Tiga Tak Lulus Verifikasi ODF?

13
Shofyan Apriyansyah – Tim verifikasi STBM Dinkes Pemkab Lamsel, usai kegiatan verifikasi ODF di Desa Campang Tiga, Kecamatan Sidomulyo, Rabu (18/9).

SIDOMULYO – Minimnya tingkat kesadaran masyarakat desa, ihwal program sanitasi berbasis Masyarakat (STBM). Menjadi pemicu Desa Campang Tiga Kecamatan Sidomulyo tidak lulus  verifikasi ODF Kriteria desa bebas dari Buang Air Besar Sembaranagan (BABS).  

Koordinator STBM Dinkes Pemkab Lamsel Emi Widarti mengatakan, Desa campang Tiga Kecamatan Sidomulyo belum memenuhi kriteria sebagai desa bebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Karena saat diverifikasi ada 39 rumah dari tiga dusun yakni, dusun III, IV dan V belum memiliki jamban sehat.

“ Saat tim memverifikasi cek kelapangan ditemukan 39 rumah belum memiliki jamban sehat. Maka Desa Campang Tiga dinyatakan belum lulus verifikasi ODF,” ungkapnya.

Masih minimnya tingkat kesadaran warga desa ikhwal program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM) menjadi pemicu utamanya. Dimana kata Emi Widarti, program STBM ini menekankan masyarakat untuk proaktif dalam pembangunan di desa dengan bergotong royong.

BACA :  Waralaba Dekat Exit Tol Sidomulyo Disoal

“ Bahan material disediakan oleh desa maka masyarakat dalam pengerjaannya harus bergotong royong. Bila pembangunan jamban sehat dilakukan perorangan seperti ini. Maka yang terjadi hasil pekerjaan tidak optimal dan tidak sesuai harapan,” kata Emi.

Namun demikian lanjut Emi, bulan November mendatang pihaknya bersama tim verifikasi ODF akan kembali melakukan verifikasi. “ Guna memastikan Desa Campang Tiga dinyatakan lulus verifikasi ODF kriteria desa bebas dari BABS,” tukasnya.

Sementara, Camat Sidomulyo Rendy Eko yang ikut dalam kegiatan verifikasi ODF oleh Dinkes Pemkab Lasmel di desa itu mengatakan, Pihaknya menghimbau kepada semua unsur di desa itu. Untuk bergotong royong dalam pengerjaan jamban sehat. Agar  desa tersebut dapat predikat desa bebas dari BABS.

“ Saya berharap semua unsur di desa saling bergotong royong. Material sudah disediakan oleh desa, tinggal mengerjakannya saja. Saya berharap di bulan November akhir Desa campang Tiga lulus verifikasi ODF,” pungkasnya.

BACA :  26 Puskesmas Steril dari Ranitidin Berbahaya

Data yang dihimpun Radar Lamsel, dibulan November target 100 persen seluruh desa yang ada di 17 Kecamatan dinyatakan lulus verifikasi ODF. Data sementara baru 2 Kecamatan di Lamsel di nyatakan 100 persen lulus verifikasi ODF yakni, Kecamatan Tanjung Sari dan Kecamatan Candipuro. Kemudian, 15 Kecamatan masih dalam proses verifikasi.

Terpisah, Kepala UPT Puskesmas Sidomulyo dr. Rocky Sihombing mengatakan ada tiga desa yang baru diverifikasi yakni Desa Campang Tiga, Sukamarga dan Desa Talang Baru.

“ Tinggal tiga desa yang belum ODF, Desa Banjarsuri, Sukabanjar dan Bandar Dalam. Sisanya sudah ODF,” ujarnya dikonfirmasi Radar Lamsel tadi malam. (CW2)

BAGIKAN