Desa Kelaten Kebut Pembangunan Infrastruktur

56

PENENGAHAN – Pemerintah Desa Kelaten, Kecamatan Penengahan telah menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tahap pertama sebesar 20 persen untuk pembangunan infrastruktur, diantaranya jalan rabat beton dan gorong-gorong.

Berstatus sebagai desa pertama yang mendapat pencairan DD di Kecamatan Penengahan pada tahap pertama ini, Pemerintah Desa Kelaten langsung bergegas mengolah anggaran demi tercapainya target pembangunan yang telah dicanangkan.

Pada proses pembangunannya, pemerintah desa setempat turut dibantu Pemerintah Kecamatan Penengahan, UPTD PU dan PR Penengahan, Polsek Penengahan serta Koramil Penengahan yang membantu pelaksanaan dan pengawasan.

Menurut Kepala Desa Kelaten Joni Amsyah, anggaran DD tahap pertama ini digunakan pihaknya untuk membangun jalan rabat beton, yang rencananya akan dibangun sepanjang 1.200 meter dengan lebar 3 meter yang dilakukan di Dusun I dan Dusun V.

“Rencananya seperti itu, tapi kami membangun sesuai dengan anggaran yang ada terlebih dahulu,” katanya kepada Radar Lamsel, Selasa (15/5).

Selanjutnya, pembangunan gorong-gorong sebanyak 8 unit yang dibangun di lokasi yang sama. Joni melanjutkan, anggaran DD yang diterima pihaknya selain untuk pembangunan, juga digunakan untuk pelaksanaan di bidang pemerintahan desa.

“Pelaksanaan pembinaan dana pemberdayaan masyarakat, semua yang menyangkut desa anggarannya dari DD,” jelasnya.

Camat Penengahan M. Yusuf, S.STP mengatakan, pekerjaan pembangunan rabat beton yang dilakukan Pemerintah Desa Kelaten dinilai berjalan cukup baik. Menurutnya, itu sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Yusuf berharap, adanya pembangunan jalan rabat beton itu bisa mempermudah dan memperlancar akses transportasi warga setempat. “Serta akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakatDesa Kelaten,” katanya. (rnd)

BAGIKAN