Desa Pisang Wakili Lamsel

538

Lomba Kesrak PKK-KB Tingkat Provinsi

PENENGAHAN – Desa Pisang, Kecamatan Penengahan akan mewakili Kabupaten Lampung Selatan pada ajang lomba Kesatuan gerak (Kesrak) PKK-KB ditingkat Provinsi Lampung pada Desember mendatang.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk KB) Lamsel Drs. Rohadian mengatakan, sebagai persiapan menjelang lomba tersebut, Dinas Dalduk KB Lamsel telah melakukan pembinaan bersama dinas dan instansi terkait untuk melakukan pembenahan di Desa Pisang. “Diwilayah kecamatan, kami meminta setiap instansi yang terkait untuk andil dan terus memberikan pembinaan terhadap warga Desa Pisang,” katanya.

Rohadian melanjutkan, pembenahan yang sedang dilakukan di Desa Pisang saat ini adalah pembinaan kader, kesehatan lingkungan, prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan administrasi posyandu. “Itu yang harus difokuskan,” katanya.

BACA :  Satlantas Benahi 150 Rambu-rambu

Menurutnya, segala bentuk persiapan harus segera dilakukan. Pasalnya, dinas dan instansi terkait hanya memiliki waktu dua bulan untuk membenahi desa Pisang. “Kita memiliki waktu kurang lebih dua bulan, karena perlombaan Kesrak PKK-KB biasanya digelar pada awal bulan Desember. Jadi, kita tidak bisa terlalu santai,” pungkasnya.

Sebelum dipilihnya Desa Pisang sebagai wakil Lamsel untuk mengikuti perlombaan Kesrak PKK-KB tingkat provinsi, Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Rawat Inap (UPT PRI) Penengahan sudah lebih dulu memberikan pembinaan di Desa Pisang.

Kepala UPT PRI Penengahan Syaiful Anwar, S.Km mengatakan, sampai saat ini pihaknya telah melakukan pembinaan tentang pelaksanaan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), administrasi dan posyandu. “Kita baru menggelar pembinaan empat kali,” kata Syaiful.

BACA :  Seorang Peserta Pawai Obor Terbakar

Kedepannya, lanjut dia, UPT PRI Penengahan akan menggelar pembinaan penyakit tidak menular (PTM), pembinaan Lansia dan perlengkapan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). “Kita juga akan lihat sarana dan prasarana yang belum memenuhi terpenuhi, setelah itu kita akan evaluasi hasilnya,” pungkasnya.

Kepala Desa Pisang Sahril Gani menambahkan, saat ini aparat dan warga desa Pisang sedang melakukan pembenahan lingkungan. Terutama mengenai nasalah penataan rumah dan pembersihan lingkungan. “Rumah warga sudah mulai diberi pagar, sampah-sampah juga sedang dibersihkan. Selanjutnya pengadaan bagi warga yang belum memiliki wc,” pungkasnya.(rnd)

 

BAGIKAN