Desa Pulau Tengah Fokus Bangun Infrastruktur Jalan

162

PALAS – Pemerintah Desa Pulau Tengah, Kecamatan Palas terus berbenah melakukan pembangun infrastruktur jalan untuk menunjang mobilitas masyarakat setempat.

Masyarakat Desa Pulau Tengah yang terlibat dalam program PKT mengerjakan pembangunan jalan rabat beton di Dusun II beberapa waktu lalu.

Dengan pembangunan infrastruktur jalan melalui Dana Desa (DD) tahap kedua tahun 2018,  masyarakat Desa Pulau Tengah yang mayoritas petani ini diharapkan membantu angkutan pertanian diwilayah setempat.

Kepala Desa Pulau Tengah Suyono mengatakan, desa yang dia pimpim memiliki lahan pertanian yang cukup luas di Kecamatan Palas. Selain membangun jalan lingkungan desa, pihaknya juga membanguan infrastruktur jalan untuk menunjang usaha pertanian masyarakat.

Kepala Desa Pulau Tengah Suyono dengan didamping Uspika Kecamatan Palas melaksanakan realisasi pertama pembangunan jalan rabat betondi Dusun I.

“Sebagai salah satu desa yang memiliki lahan padi yang luas di Kecamatan Palas, kami tidak hanya fokus pada pembangunan jalan lingkungan desa namun juga membangun jalan usaha pertanian masyarakat,” kata Suyono kepada Radar Lamsel, Rabu (12/9) kemarin.

Adapun pembangunan jalan rabat beton tersebut direalisasikan di dua titik, yaitu di Dusun 1 dan Dusun 2. Selain itu, Suyono mengaku pada DD tahap kedua ini pihaknya juga melaksanakan pembangunan penunjang seperti gorong-gorong dan tembok penahan tanah (TPT).

Salah satu tenaga perempuan yang terlibat dalam program PKT mengerjakan pembangunan jalan rabat beton  di Desa Pulau Tengah.

“Pembangunan infrastruktur rabat beton di Dusun 1 dengan panjang 274 meter dan lebar 2 meter dengan ketebalan 15 sentimeter.  Dana yang digelontokan sebesar Rp129,4 juta,” terangnya.

Sementara itu, di Dusun II jalan rapat beton dibangun dengan panjang 156 meter dengan dana Rp76,8  juta. Di tempat yang sama pihaknya juga membangun jalan usaha tani sepanjang 115 meter dan lebar 1 meter dengan anggaran Rp 32,9 juta.

“Di Dusun 2  juga kami membangung fasilitas penunjang seperti satu unit gorong-gorong dan tembok penahan tanah dengan panjang 382 meter,” imbuhnya.

Masyarakat Desa Pulau tengah sedang mengerjakan pembangunan jalan rabat beton di Dusun I Desa Pulau Tengah.

Dalam pelaksanaan pembagunan infrastruktur tersebut, Suyono menjelaskan, pihaknya menerapkan program padat karya tunai (PKT) sebesar 30 persen. Hal tersebut bertujuan untuk menyerap tenaga kerja  yang ada di Desa Pulau Tengah.

“Dengan menerapkan program PKT kebersamaan dan kekompakan masyarakat sangat terasa karena kami melibatkan lebih dari 40 warga baik laki-laki maupun perempuan dalam pelaksanaan pembangunan ini,” paparnya.

Gorong – gorong dan jalan rabat beton yang telah selesai pengerjaannya yang dimanfaatkan sebagai jalan usaha tani dan penghubung dusun.

Dengan adanya pembangunan tersebut Suyono berharap dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat setempat. “Karena pembangunan infrastuktur saling berkaitan dengan perekonomian, harapan saya dengan adanya pembangunan ini dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat dan bisa lebih sejahtera,” pungkasnya. (CW1)

BAGIKAN