Desa Sukamarga Intens Berikan Pembinaan

556

Pembangunan Skala Prioritas Dituntaskan

SIDOMULYO – Aparatur Desa Sukamarga gencar melakukan pembangunan infrastruktur serta melaksanakan pembinaan sebagai bentuk realisasi Dana Desa tahap I dan II 2017.

Foto 4Dibidang pembangunan fisik, sepanjang 850 meter rabat beton yang tersebar di tiga dusun sudah dirampungkan. Tak hanya itu sasaran DD tahap II untuk pembinaan masyarakat desa juga intens dijalankan.

Kepala Desa Sukamarga Muksin menjelaskan, untuk infrastruktur jalan, bersama masyarakat pihaknya sudah membangun di tiga dusun berupa rabat beton dan empat unit gorong-gorong.

“Untuk menunjang mobilisasi warga, kami sudah merampungkan fisiknya. Sementara realisasi tahap II ini kami sudah menjalankan pembinaan untuk kader-kader Posyandu dan BKB, sosialisasi keagamaan, kepemudaan serta PKK” ujarnya kepada Radar Lamsel, Rabu (22/11) kemarin.

BACA :  Saldo Rp 30 Jutaan, Kasilah Boyong Avanza Baru

Orang nomor satu di Sukamarga ini menerangkan rincian APBDes 2017 dengan detail. Ini dilakukan agar warga Sukamarga dari semua kalangan mengetahui segala macam rincian mulai dari pendapatan desa maupun belanja desa.

“Total pendapatan desa Rp 1.221.239.014,- , detailnya DD Rp 796.051.833,- , ADD Rp 409.326.594,- , bagi hasil pajak sebesar Rp 13.500.000,- dan pendapatan lain-lain Rp 2.360.584,-,” sebut Muksin.

Foto 2Sedangkan rincian belanja desa bidang pemerintahan Rp 346.296.692,- , bidang pembangunan Rp 637.702.000,- , bidang pembinaan Rp 61.091.833,- , untuk pemberdayaan menelan anggaran Rp 101.960.000,-.

“Begitu rinciannya, kami berharap apa yang telah dibangun bisa dijaga dan dipergunakan dengan baik oleh masysarakat. Sedangakan pembinaan yang intens dilakukan agar diserap dan diimplementasikan dengan baik dalam kehidupan seharai-hari,” terangnya.

BACA :  Pertengahan Oktober, 13 Kades Terpilih Disumpah

Sementara itu Camat Sidomulyo Affendi SE. Mengapresiasi setiap kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak. Ia berharap dengan gencarnya pemberdayaan di desa-desa juga meningkatnya fasilitas infrastruktur berdampak signifikan bagi kehidupan warga desa.“Apabila DD dikelola dengan baik dan tepat sasaran, harapan tercapainya masyarakat desa yang maju akan tercapai,” ungkapnya.

Foto 1Mantan Camat Candipuro ini berharap desa-desa yang ada di Sidomulyo bergerak cepat merealisasikan DD tahap II. Disamping itu ia juga menegaskan aparat desa harus sering terjun langsung berkomunikasi dengan warga.

“Aparat desa harus jemput bola, terjun langsung ke dusun supaya tahu setiap permasalahan yang ada. Mulai dari pendataan rumah tak layak huni, sampai sosialisasi keagamaan juga harus intens,” imbuhnya. (ver)

BAGIKAN