Desa Sumbersari Fokus Membangun Infrastruktur

500

SRAGI – Pemerintah Desa Sumbersari, Kecamatan Sragi terus mewujudkan pembangunan insfratruktur dan pembinaan masyarakat desa.

Kucuran Dana Desa (DD) tahap I dan tahap II tahun 2018 dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur desa mulai dari pembangunan jalan paving block, jalan rabat beton dan pembangunan warung desa (Wardes). Selain melaksanakan pembangunan infrastruktur, Pemerintah Desa Sumbersari juga melaksanakan program pembinaan dan pemberdayaan masyarakat.

 

Proses pembangunan jalan paving blok untuk lahan pertani dengan menggunkan anggaran DD tahap 1 dengan padat karya tunai.

 

Kepala Desa Sumbersari Iwan Kuswara mengatakan, DD tahap pertama difokuskan untuk pembangunan jalan pertanian dengan panjang 700 meter dan lebar 2.70 meter. Pembangunan jalan pertanian dengan paving blok dibangun di Dusun 7 dengan total dana Rp 354,1 juta.

“Jalan tersebut difungsikan untuk mempermudah pendistribusian hasil produksi pertanian desa,” kata Iwan Kuswara kepada Radar Lamsel, Senin (30/7) kemarin.

Selain itu, pada  pencairan tahap I pihaknya juga melakukan pembangunan Wardes dengan total anggaran sebesar Rp 126,1 juta yang akan difokuskan untuk menyediakan kebutuhan masyarakat Desa  Sumbersari.

BACA :  Pemkab Serahkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran di Sragi

 

Warung Desa Sumbersari yang dibangun melalui anggaran DD tahap pertama.

 

“Pembangunan warung desa sudah 95 persen selesai. Wardes ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Rencananya wardes ini akan meneyediakan kebutuhan masyarakat dan warung-warung kecil yang ada di desa,” tuturnya.

Lebih lanjut Iwan Kuswara mengatakan, pencairan DD dan ADD tahap II, Pemerintah Desa Sumbersari melaksanakan pembangunan jalan rabat beton penghubung Dusun 1 – 5 dengan panjang 915 meter dengan lebar 3 meter dan tebal 12 centimeter. Jalan penghubung antar dusun ini menelan dana total Rp432,6 juta.

Selian itu, pencairan tahap II pihaknya juga merealisasikan pembangunan jamban sehat yang diperuntukkan  100 kepala kelarga (KK) yang belum memiliki sanitasi pembuangan air besar dengan total anggaran Rp33,8 juta.

“Untuk tahap ketiga kami fokus melajutkan pembangunan jalan rabat beton penghubung dusun. Harapan kami semua pembangunan ini akan bermanfaat bagi semua masyarakat,”terangnya.

BACA :  Desa Sidomukti Bangun 700 Meter Jalan Rabat Beton

Sementara itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Sumbersari Saryono menambahkan, pada tahun 2018 Desa Sumbersari mendapatkan gelontoran DD dan ADD Rp 1,83 milyar. Rinciannya, DD dari pemerintah pusat sebesar Rp 1,14 milyar, ADD Rp 429 juta, Silva Rp18,5 juta dan Gerbang Saburai Rp 240 juta.

 

Kegiatan pelatihan dalam meningkatkan kapasitas aparatur desa.

 

“Selain untuk menigkatkan pembangunan infrastruktur, pendapatan desa juga dimanfaatkan untuk pemberdayaan dan pembinaan masyarakat dan aparatur desa. Untuk menyerap tenaga kerja yang ada di desa pembangunan mengunakan padat karya tunai (PKT)” pungksanya. (Cw1)

 

Masyarakat Desa Sumbersari melakukan gotongroyong perbaikan jalan menyambut HUT RI ke 73.

 

 

Pemerintah Desa Sumbersari membagikan peralatam olahraga kepada karang taruna.

 

 

 

 

Kepala Desa Sumbersari Iwan Kuswara menyerahkan bantuan alat musik untuk kelopok pengajian Desa Sumbersari.

 

 

 

 

BAGIKAN