Desa Tarahan Wakili Lamsel Lomba BUMDes Tingkat Provinsi

0

KATIBUNG – Desa Tarahan Kecamatan Katibung menjadi satu-satunya perwakilan Kabupaten Lampung Selatan pada ajang lomba Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tingkat provinsi.

Puncaknya, saat tim penilaian Provinsi Lampung menyambangi keberadaan BUMDes Tarahan Berkarya di Desa Tarahan Kecamatan Katibung, Selasa (16/5) kemarin.

Ketua tim penilai BUMDes Provinsi Lampung Laila Soraya mengatakan Desa Tarahan patut berbangga mewakili kabupaten khagom mufakat pada ajang ini. Pasalnya seluruh desa yang ada disetiap kebupaten saling unjuk keunggulan terkait pengelolaan BUMDes.

“Saya rasa ini kesempatan yang baik untuk Desa Tarahan, kemajuan Desa Tarahan dengan adanya BUMDes simpan pinjam dan pengolahan hasil laut amat menarik untuk mendapat nilai plus,” kata Laila diahadapan warga Desa Tarahan.

Sebagai tim penilai, Laila tak dapat memberikan jaminan apakah Desa Tarahan bisa masuk nominasi juara atau tidak. Tergantung bagaimana mekanisme serta manajemen BUMDes Tarahan Berkarya dalam realisasinya.

“Sejauh ini tim penilaian merasa cukup puas dengan apa yang dikerjakan oleh pengurus BUMDes dan warga Desa Tarahan. Meski demikian tim penilai tetap memperhatikan tiga aspek penilaian yang terdiri dari aspek politis, budaya dan sosialnya,” katanya.

Sementara itu Camat Katibung Hendra Jaya S.Sos mengapresiasi keikutsertaan Desa Tarahan mengharumkan nama Katibung pada ajang tersebut. Sebab, selain menuntut kekompakan masyarakat sisi positif dari lomba ini ialah menggali kreativitas dari warga desa.

“Kami sebagai pemerintah kecamatan amat bangga atas apa yang dilakukan panitia sejauh ini dalam menyukseskan lomba BUMDes. Mudah-mudahan Tarahan dapat menggondol juara pada kesempatan ini,” ujar Handra optimis.

Mantan Camat Way Sulan ini juga tak lupa memberikan applause kepada pendamping desa yang sudah sejak jauh hari membimbing dan mengarahkan masyarakat untuk menghidupkan BUMDes yang kelak menjadi sumber Pendapatan Asli Desa (PADes). “Apresiasi juga kami ucapkan kepada pendamping desa di Katibung yang energik untuk mengharumkan nama Katibung,” tandasnya. (ver)

Leave A Reply

Copyright © 2017. Radar Lamsel