Desa Titiwangi Peringkat IV Keterbukaan Informasi Publik

391
Mendapat piagam penghargaan dari komisi informasi.

CANDIPURO – Desa Titiwangi, Kecamatan Candipuro kembali menyabet anugrah prestisius tingkat provinsi. Kali ini desa pencetus sanitasi di Lamsel itu meraih peringkat IV keterbukaan informasi publik dari Komisi Informasi (KI) Lampung.

Praktis, hanya Desa Titiwangi yang meraih gelar tersebut dari 256 desa yang ada di Lampung Selatan. Prestasi tersebut kembali menambah penuh etalase piagam Desa Titiwangi.

Kepala Desa Titiwangi Sumari mengatakan, Desa Titiwangi bersaing dengan desa-desa dari berbagai kabupaten se-Lampung. Hasilnya kata dia cukup membanggakan yakni bertengger diperingkat ke-4.

“ Kami hanya kalah dari Pesawaran dan Way Kanan yang mengirimkan wakilnya. Terlepas daripada itu partisipasi Titiwangi pada ajang tersebut tak lain untuk memberitahu publik bahwa Titiwangi benar-benar transparan dalam mengelola desa,” kata Sumari kepada Radar Lamsel, Kamis (20/12).

Orang nomor wahid di Titiwangi itu menambahkan, sepanjang tahun 2018 ini sederet penghargaan dan prestasi berhasil diraih. Tentunya, kata dia, semua tak lepas daripada usaha masyarakat dan aparatur desa demi memajukan desa.

“ Aparatur desa dan warga Titiwangi memang tidak pernah bosan untuk berinovasi, mulai dari bidang sanitasi, literasi bahkan transparansi pun kami tunjukan,” sebut dia.

BACA :  Manfaatkan DD, Baliagung Bangun Jalan Pertanian

Untuk bidang literasi, lanjut Sumari Desa Titiwangi pernah diganjar penghargaan bergengsi tingkat nasional di Yogyakarta belum lama ini. Sementara ditingkat provinsi dan kabupaten pun demikian.

“ Perpustakaan kita alhamdulillah jadi pilot projec terutama berkat penerapan aplikasi kunang-kunang. Tak hanya penghargaan tingkat kabupaten maupun provinsi, namun perpustakaan Titian Ilmu juga perhan mewakili Lampung ditingkat nasional,” papar dia.

Masih kata Sumari, baik literasi maupun keterbukaan informasi tujuannya adalah untuk perubahan desa. Kades satu periode ini menegaskan tanpa literasi dan keterbukaan informasi yang baik dapat dipastikan SDM yang ada di desa tidak akan berkembang.

“ Dua-duanya sama penting, maka kami berharap apa yang telah digagas dan dijalankan untuk didukung sepenuhnya. Tanpa dukungan dari semua kalangan Desa Titiwangi tak akan sejauh ini kemajuannya,” tandasnya.

 

Realisasi DD Tahap Ketiga Dituntaskan

 

Desa-desa di Lampung Selatan terus berlomba-lomba menunjukan hasil kerja dari program Dana Desa (DD) yang digulirkan pemerintah pusat tahapan demi tahapan.

Tak terkecuali Desa Titiwangi Kecamatan Candipuro. Ya Desa yang menjadi pusat denyut dikecamatan ini sukses membangun infrastruktur jalan rabat beton sesuai pengajuan pencaiaran DD.

BACA :  Manfaatkan DD, Baliagung Bangun Jalan Pertanian

“ Untuk realisasi DD tahap ketiga tahun 2018 kami telah merampungkan rabat beton sepanjang 100 meter di Gg. Sakura Dusun II RT 07,” ucap Kepala Desa Titiwangi Sumari.

Secara keseluruhan, Sumari menjabarkan didesanya telah dibangun rabat beton sepanjang 1.416 dari realisasi tahap kedua dan tahap ketiga. Dengan detil volume jalan  lebar jalan sepanjang 2 meter dan tebal 12 centimeter.

Pendamping Desa Titiwangi Junaidi mengamini bahwa beberapa infrastruktur telah rampung dibangun. Diantaranya rabat beton, pembanganunan posyando serta pemberdayaan masyarakat desa.

“ Sebelum melaksanakan pembangunan, Pemdes Titiwangi telah lebih dulu menggelar Musrenbangdes guna mengetahui aspirasi masyarakat agar tujuan pembangunan memiliki arah yang jelas,” sebut dia.

Camat Candipuro Wasidi mengapresiasi pencapaian yang diusung Titiwangi. Ia juga berharap desa lain yang ada di Candipuro lebih aktif dalam menunjukan hasil kerjanya kepada publik. “Sama-sama kita bekerja. Untuk yang sudah bagus supaya dipertahankan dan untuk yang masih kurang segera dipenuhi demi Candipuro yang lebih baik lagi,” tandasnya. (ver)

BAGIKAN