Desa Waykalam Bangun Infrastruktur dan SDM

436

PENENGAHAN – Memperbaiki  penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di desa adalah visi Kepala Desa Waykalam Zaenudin. Sedangkan misinya, Zaenudin memiliki keinginan memperkuat ekonomi masyarakat yang bertumpu pada sektor yang ada di desa.

Keinginan memperbaiki tatanan pemerintahan dan pembangunan yang lebih itu perlahan terwujud. Sejak digulirkannya dana desa (DD), sudah banyak pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah desa setempat.

Anggaran dana desa tahun 2018 tahap I dan tahap II, dimanfaatkan Pemerintah Desa Waykalam membangun sarana infrastruktur seperti drainase, talut penahan tanah (TPT) dan gorong-gorong.

Pembangunan drainase Desa Waykalam ketika masa pengerjaan oleh tim pengelola legiatan (TPK).

Demi mewujudkan pembangunan yang merata, seluruh infrastruktur tersebut dikerjakan di seluruh dusun Desa Waykalam. Rinciannya, pembangunan drainase sepanjang 446 meter, TPT 51 meter dan gorong-gorong sebanyak 8 unit.

BACA :  Sastrawan Indonesia Garap Film Dakwah di Ponpes Ushuluddin

“Dana desa tahap I dan II kami pergunakan untuk membangunan ingrastruktur yang dibutuhkan masyarakat. Pembangunan tahap I dan II kami kerjakan diseluruh dusun agar pembangunan semakin merata,” katanya.

Pembangunan talut penahan tanah (TPT) di Desa Waykalam yang sudah rampung.

Sekretaris Desa Waykalam Abdul Basir menambahkan, selain infrastruktur, dana desa yang diterima Waykalam juga dimanfaatkan membangun sumber daya manusia (SDM) melalui berbagai kegiatan dan pembinaan.

 

Pembangunan salah satu gorong-gorong di Desa Waykalam yang rampung dikerjakan

“Seperti pengelolaan posyandu, PAUD, pembinaan Linmas. Kegiatan ini dilakukan rutin setiap bulan. Demi peningkatan pembangunan, kami menggelar pelatihan bagi pelaksana teknis dan tim pengelola kegiatan,” katanya.

BACA :  Support SSB Marga Dantaran, Aplus Beri Bantuan Jersey

Sementara di bidang olahraga, Desa Waykalam juga melakukan pembinaan atlet bola voli. Di bidang ini, pemerintah desa setempat melakukan pembinaan terhadap anak-anak dan para remaja.

“Kami mengadakan pembinaan di bidang pengembangan olahraga voli, ini penting. Karena tanpa kita sadari, olahraga juga termasuk dalam peningkatan SDM yang kelak bisa melahirkan bibit atlet,” ucapnya. (*)

 

Sekretaris Desa Waykalam Abdul Basir didampingi perangkat desa setempat saat menerima pamflet himbauan dari perwakilan Polda Lampung mengenai pelestarian hutan.

 


 

Perangkat Desa Waykalam

 

 

 

 

sekretaris Desa Waykalam

BAGIKAN