Dianggap Jalur Vital, Pemkab Diminta Benahi Kerusakan

211
Veridial – Kades Trimomukti menunjukan kerusakan jalan kabupaten yang sudah sepuluh tahun belum tersentuh perbaikan, panjang jalan tersebut sekitar 3,5 kilometer, Minggu (4/3) kemarin.

CANDIPURO – Sejak mendapat perbaikan terakhir pada 2008 silam, jalur vital penghubung Lampung Selatan – Lampung Timur berada di Desa Trimomukti, Kecamatan Candipuro ternyat sangat butuh sentuhan perbaikan.

Dengan panjang sekitar 3,5 kilometer jalan kabupaten itu dianggap sebagai akses utama oleh warga setempat. Pasalnya selain penghubung antar desa, jalan yang serupa onderlagh itu juga penyambung dua kabupaten.

“Panjangnya lebih kurang 3,5 kilometer kerusakannya juga sepanjang itu. Terakhir dapat perbaikan pada 2008 sekitar 10 tahun yang lalu,” kata Made Sugiarte (32) warga Desa Trimomukti kepada Radar Lamsel, Minggu (4/3) kemarin.

Sama seperti masyarakat dibeberapa tempat di Lampung Selatan, Made Sugiarte juga ingin jalur vital tersebut mendapat perbaikan pada 2018 ini. Sehingga kata dia masyarakat tak lagi kesulitan saat melintas.

“Wah, kalau dapat perbaikan tahun ini ya bagus. Artinya keluhan yang selama ini dirasakan sudah didengar oleh Pemkab. Tapi kalau belum juga diperbaiki, artinya belum didengar,” ucapnya.

Terpisah Kepala Desa Trimomukti Matius Sutrisno membenarkan bahwa jalan serupa onderlagh itu merupakan jalan kabupaten. Pihaknya kata dia sudah melaporkan tingkat kerusakan jalan kepada Pemkab Lamsel.

“Penghubung desa juga bisa tembus ke Lamtim, pemerintah desa sudah berupaya melaporkan kerusakan tersebut ke Pemkab Lamsel agar segera mendapat perbaikan,” terangnya.

Masih kata Sutris sapaan akrab Matius Sutrisno, beberapa waktu lalu tim monitoring dari DPUPR Lamsel sudah melakukan tinjauan kelokasi tersebut. Namun belum bisa dipastikan apakah perbaikan akan direalisasikan pada 2018 ini atau belum.

“Belum lama ini memang sempat ada tim dari DPUPR Lamsel melakukan monitoring ke jalan-jalan lengkap dengan perlengkapan drone yang bisa melihat kerusakan dari udara. Tapi belum pasti kapan diperbiki,” sebut Sutris.

Pada bagian lain Camat Candipuro Wasidi SE menuturkan APBD Candipuro yang mencapai puluhan miliar diharapkan turut menyasar jalan yang berada di Desa Trimomukti tersebut. Sebab saat ini, Wasidi menuturkan jalur itu terbilang sudah cukup lama tak mendapat perbaikan total. “Mudah-mudahan APBD 2018 bisa dimanfaatkan membenahi jalan penghubung Lamsel – Lamtim,” tandasnya. (ver)

BAGIKAN