Dibentuk, Panitia Pilkades Langsung Bekerja

657
Randi Pratama – Pembentukan panitia pilkades di Desa Kekiling dipimpin langsung oleh staf dari Pemerintah Kecamatan Penengahan yang dihadiri BPD, Sekdes, LPM dan Karang taruna desa setempat, foto kemarin.

PENENGAHAN – Panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) sudah dibentuk di lima desa yang akan menggelar pilkades serentak di Kecamatan Penengahan pada bulan Mei mendatang. Kelima desa tersebut yaitu, Desa Belambangan, Desa Rawi, Desa Ruangtengah, Desa Rawi dan Desa Sukajaya.

Berdasarkan ketentuan, sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah No.6 Tahun 2015 khususnya pasal 28, pasal 29 dan pasal 30 serta untuk posisi ketua panitia diupayakan dijabat oleh Sekertaris Desa non PNS/Kasi Pemerintahan/Perangkat Desa lainnya tidak termasuk Kepala Dusun.

“Diupayakan Sekertaris Desa yang non PNS, jika yang bersangkutan tidak berkenan, posisi ketua bisa diserahkan kepada Kasi Pemerintahan atau perangkat desa lainnya. Semuanya bisa, kecuali bagi Kadus, karena peraturan tidak mencantum Kadus kedalam bursa ketua panitia,” kata Camat Penengahan Lukman Hakim kepada Radar Lamsel, kemarin.

BACA :  Pimpinan Definitif DPRD Lamsel Resmi Dilantik

Lukman Hakim melanjutkan, kelima desa tersebut telah sepakat membentuk panitia dengan jumlah 20 orang. Dimana, struktur panitia yang berjumlah 20 orang tersebut meliputi 18 panitia dan 2 keamanan dari Linmas.

“Semuanya sepakat membentuk panitia sebanyak 20 orang, dimana anggotanya merupakan Aparat Desa seperti Sekdes, Kasi, Kadus, Kaur, tokoh masyarakat dan lembaga non pemerintahan seperti RT, LPM dan Karang Taruna,” katanya.

BACA :  Terkait Pemadaman Listrik, PT. PLN: Ada Pemeliharaan Darurat

Lukman mengingatkan kepada panitia yang sudah dibentuk agar segera menyusun proposal kebutuhan pemilihan kepala desa yang sesuai dengan peruntukkannya..

“Panitia harus secepat mungkin menyusun proposal agara persiapan seperti honorarium panitia, kebutuhan kotak suara, surat suara dan perlengkapan lain pada APBD Kabupaten Lampung Selatan Th. 2017 di DPA Bagian Otonomi Daerah Setdakab Lamsel yang telah dianggarkan,” pungkasnya. (rnd)

BAGIKAN