Didapuk Pembina Tagana Lamsel, Nanang Minta Masyarakat Sigap Bencana

7

SIDOMULYO – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dikukuhkan sebagai Pembina Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Lampung Selatan.

Pengukuhan Nanang Ermanto sebagai Pembina Tagana Lampung Selatan dilakukan oleh Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Kementrian Sosial RI, Rachmat Koesnadi, S.Sos.,M.Si, mewakili Menteri Sosial RI di Pantai Muara Indah, Desa Suak, Kecamatan Sidomulyo, Rabu (11/9).

Pengukuhan yang berlangsung disela-sela acara Simulasi dan Pencanangan Kampung Siaga Bencana (KSB) Kabupaten Lampung Selatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Propinsi Lampung, Drs. Sumarju Saini, M.Si, Para Staf Ahli Kabupaten Lampung Selatan, Para Kepala OPD Kabupaten Lampung Selatan, Camat Sidomulyo, Camat Ketapang, Camat Bakauheni, Camat Rajabasa beserta unsur Tagana Kecamatan Sidomulyo, Bakauheni, Ketapang dan Rajabasa.

BACA :  Warga Sidomulyo Dapat Penyuluhan Hukum

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Kementerian Sosial RI, Rachmat Koesnadi mengatakan, kawasan siaga bencana merupakan salah satu program unggulan Kementerian Sosial yang bertujuan untuk melindungi masyarakat dalam kerentanan bencana.

Esensi dari program Fasilitasi Kawasan Siaga Bencana adalah pelibatan masyarakat setempat dalam pelaksanaan penanggulangan bencana yang dikombinasikan dengan nilai-nilai kearifan lokal daerah setempat.

Pada kesempatan itu, Rachmat Koesnadi juga menghimbau kepada Pemerintah Daerah untuk memberi perhatian yang lebih kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana.

“Saya berharap pemerintah daerah memberikan perhatian yang lebih pada daerah rawan bencana agar mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam penanggulangan bencana, sehingga mereka dapat melakukan tindakan-tindakan darurat yang diperlukan bilamana terjadi bencana,”ujarnya.

BACA :  Kades Baru di Sidomulyo Mulai Bersinergi

“Dengan adanya Kampung Siaga Bencana” (KSB) di Kabupaten Lampung Selatan, diharapkan masyarakat Lampung Selatan lebih sigap dalam menghadapi bencana,”ujarnya lagi.

Sementara itu, Plt. Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto mengatakan, dengan adanya pelatihan kesiapsiagaan bencana ini diharapkan masyarakat dapat lebih sigap dalam menghadapi bencana. Masyarakat juga dapat saling bahu-membahu dalam mengurangi resiko jika terjadi bencana.

“Jangan sia-siakan pengetahuan, pengalaman dan pelatihan yang diberikan. Dengan kemampuan yang saudara miliki, saudara dapat lebih tanggap dalam menghadapi kemungkinan bencana yang timbul termasuk memberikan pertolongan pada korban,” kata Nanang Ermanto. (Red/man)

BAGIKAN