Dinas Pendidikan Serahkan Bantuan Bina Murid Pada Peringatan HUT RI

270
Ilustrasi KIP
GEDONGTATAAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesawaran rencananya akan menyerahkan bantuan bina murid secara simbolis pada upacara 17 Agustus mendatang. 
 
“Rencananya kita kalau bisa bantuan bina murid diserahkan ketika awal tahun ajaran baru dimulai. Namun sepertinya tidak kekejar mengingat hanya 20 hari lagi masa liburan sekolah. Sedangkan bantuan bina murid saat ini masih dalam proses pengadaan,” ujar Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesawaran Yahtar Malyan mewakili Kepala Dinas Pauzan Suaidi, Kamis (27/6).
 
Dikatakan, secara keseluruhan bantuan bina murid bagi 660 siswa tingkat SD dan 550 siswa untuk tingkat SMP sudah terealisasi pada tahun ajaran baru dimulai.
 
 “Kemungkinan ada penyerahan secara simbolis pada upacara 17 Agustus secara langsung oleh pak Bupati,” imbuhnya.
 
Menurutnya, bantuan bina murid berupa peralatan sekolah nantinya akan didrop ke seluruh sekolah khususnya yang muridnya mendapat bantuan bina murid. Dimana bantuan bina murid diberikan kepada murid tidak mampu dan murid berprestasi. Dan sejak jauh hari pihaknya melalui koordinator kecamatan dan kepala sekolah sudah melaksanakan verifikasi data di lapangan terkait siswa maupun siswi yang berhak menerima bantuan bina murid. 
 
“Nanti bantuan bina murid akan didrop kesetiap sekolah yang muridnya mendapat bantuan,” jelasnya.
 
Bantuan bina murid ini lanjut mantan Kepala Kantor Ketahanan Pangan ini, dianggarkan melalui APBD. Dimana bantuan bina murid diberikan kepada murid yang belum mendapat kartu indonesia pintar (KIP) yang dianggarkan melalui APBN. “Bantuan bina murid yang sudah berjalan ditahun ke 3 ini merupakan program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran,” terangnya.
 
Lebih jauh pihaknya menambahkan,  besaran bantuan bina murid bagi siswa kurang mampu dan berprestasi untuk siswa SD sebesar Rp 750 ribu persiswa pertahun. Sedangkan untuk siswa SMP sebesar Rp 1 juta. Dan  jenis perlengkapan sekolah yang akan diberikan kepada penerima bantuan, berupa seragam sekolah, sepatu, tas dan dan alat-alat tulis dan lainnya kepada siswa yang memenuhi kategori seperti tidak mampu dan berprestasi.
 
 “Yang jelas barang-barang dalam program Bina Murid ini diluar dari yang ditanggung melalui dana BOS (Bantuan Oprasional Siswa),” pungkasnya. (Rus)
BACA :  Kementerian Pertanian Beri Bantuan Revitalisasi Embung
BAGIKAN