Dinas Perikanan Bangun “Fish Home”

325

GEDONGTATAAN – Dinas Perikanan Kabupaten Pesawaran melalui program konservasi akan membangun rumah ikan (fish home) di sejumlah titik diwilayah Pesisir Kabupaten berjulukan Bumi Andan Jejama.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Dinas Perikanan Kabupaten Pesawaran, Eky Yuli Widianto mendampingi Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pesawaran, Heriansyah, mengatakan program itu merupakan upaya memulihkan terumbu karang dan populasi ikan.

” Guna tercapainya lautan yang indah pogram ini juga merupakan upaya memulihkan trumbukarang dan populasi ikan yang ada di wilayah pesisir pantai,  dan ini juga berdasarkan keluhan dari para nelayan, yaitu menurunnya hasil tangkap ikan dan petugas pun melakuan identifikasi terhadap penyebab menurunnya hasil tangka pan nelayan, khususnya jenis-jenis ikan karang ataupun jenis pelagis, ” kata Eky di ruangan kerjanya, Senin (02/7).

Dia menjelaskan, dari hasil identifikasi petugasnya perlu dilakukan pembangunan rumah ikan (fish home) sebagai tempat untuk bekembang biaknnya ikan terutama di lokasi karang-karang yang sudah rusak khususnya di wilayah Pesisir Pesawaran.

“Pembangunan rumah ikan nanti akan dibuat dari partisi-partisi plastik yang dibentuk sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti apartemen sebagai tempat bagi ikan-ikan untuk berlindung dan berkembang biak, ” jelasnya.

Dia menambahkan program tersebut merupakan salah satu upaya menciptakan lingkungan baru sebagai tempat berlindung dan berkembangbiaknya, dalam kurun waktu 6-12 bulan nelayan dilarang mencari ikan di lokasi tersebut dan ada petugas khusus untuk melakukan pengawasan.

“Nantinya ada petugas khusus yang merawat dan menjaganya,  kisaran 6-12 bulan nelayan dilarang mencari ikan di wilayah tersebut,  guna menjaga dan perawatan yang lebih baik,” pungkasnya. (Acp)

 

BAGIKAN