Dinas Perikanan Stok 21 Ribu Bibit Ikan

17
Ilustrasi Bibit Ikan
GEDONGTATAAN – Untuk pemenuhan gizi masyarakat, Dinas Perikanan Kabupaten Pesawaran akan melakukan restoking atau menyediakan beberapa jenis ikan di kecamatan Negerikaton sebanyak 21.300 ekor bibit ikan.
 
“Restoking itu nantinya akan diberikan di embung, waduk dan sungai di Kecamatan Negerikaton. Insya allah November kita realisasikan untuk restoking dan jenis ikannya ada lele, emas dan ikan nila,” ungkap Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Eky Yuli Widianto R., mewakili Kepala Dinas Perikanan Pesawaran Heriansyah, kemarin.
 
Dikatakan, selain restoking pada 2019 ini pemerintah pesawaran melalui Dinas Perikanan akan melakukan pengukuran tanah bagi para nelayan untuk diterbitkan sertifikat secara gratis melalui program sehat nelayan.
 
“Kita sudah sosialisasikan di Kecamatan Punduhpedada. Dalam waktu dekat nanti akan ada pengukuran di lokasi,” jelasnya.
 
Ada sekitar 100 bidang tanah lanjutnya milik nelayan di kecamatan Punduhpedada akan diterbitkan sertifikat. Dimana program sehat nelayan merupakan program bantuan dari provinsi Lampung.
 
“Ada kriteria seperti memiliki kartu nelayan, atau kartu kusuka nelayan. Dan lokasi tanah diluar area sepadan pantai atau 100 meter dari bibir pantai dan boleh pekarangan atau tanah perkebunan,” paparnya.
 
Lebih jauh dirinya mengatakan, jika tidak ada halangan sekitar awal 2020 sertifikat bagi para nelayan tersebut sudah dapat direalisasikan. 
 
“Alhamdulillah pada tahun ini dan tahun lalu kita mendapat masing-masing 100 bidang,” pungkasnya. (Rus)
BACA :  M Nasir Lamar PPP
BAGIKAN