Disnak Awasi Lokasi Penyembelihan Hewan Kurban

656
ILUSTRASI

KALIANDA – Dinas Peternakan Kabupaten Lampung Selatan bakal menyiagakan petugas di tempat pemotongan hewan kurban pada hari raya Idul Adha 1436 Hijriah. Itu dilakukan untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban sebelum di sembelih (antemortem’red).
Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan Disnak Lamsel drh. Agung Kusmartuti mewakili Kepala Disnak Lamsel Ir. Cecep Khoirudin mengatakan, pihaknya juga gencar melakukan pengawasan hewan kurban di lapak-lapak pedagang.
Hal tersebut dilakukan agar memberikan rasa aman bagi masyarakat yang akan membeli hewan kurban di lapak-lapak pedagang dadakan yang mulai menjamur.
“Petugas dari UPT Peternakan sudah mulai melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban yang dijual. Apabila hewan dinyatakan sehat akan diberi kartu sehat, jika tidak akan diberikan kartu dalam pengawasan,”kata Agung kepada Radar Lamsel melalui sambungan telepon, Minggu (4/9) kemarin.
Selain pemeriksaan menjelang hari raya, imbuhnya, petugas juga akan disiagakan di sejumlah lokasi pemotongan hewan kurban untuk melakukan pemeriksaan hewan. Karena, dikhawatirkan ada masyarakat yang berkurban dan membeli hewan kurban yang belum di periksa kesehatannya.
“Seluruh petugas Disnak kami siagakan. Titik-titik lokasi khusus penyembelihan hewan kurban sedang kami bahas lebih lanjut. Karena, jika semua lokasi kita awasi petugas yang ada tidak mencukupi. Namun, kita akan maksimalkan dengan cara mobile,”imbuhnya.
Selain itu, Disnak juga telah menjadwalkan untuk melakukan sosialisasi soal tata cara penyembelihan hewan kurban yang baik dan benar kepada seluruh takmir masjid se-Kabupaten Khagom Mufakat ini. Melalaui seluruh UPT Disnak yang tersebar di setiap kecamatan.
“Sosialisasi ini akan kami mulai besok (hari ini’red) dan secara bergiliran. Ini juga untuk mengantisipasi adanya hewan kurban yang belum diperiksa kesehatannya. Jadi, takmir masjid yang menerima hewan kurban juga akan kami bekali sedikit ilmu tentang kesehatan hewan kurban,”pungkasnya. (idh)

BACA :  Isyarat Tidak Istimewakan Kader
BAGIKAN