Dongkrak Kemajuan Daerah Lewat Industri Olahraga

11
Istimewa For Radar Lamsel – Plt Kepala Dispora Lamsel Ariswandi, SH, MH bersama salah satu perenang pelajar Lamsel yang memperoleh medali emas pada kejuaraan renang antar pelajar se-Provinsi Lampung di GOR Pahoman, Kota Bandarlampung, Minggu (13/10) lalu.

KALIANDA – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Lampung Selatan berkomitmen untuk fokus dalam pembinaan atlet di seluruh cabang olahraga (cabor) yang bernaung di tubuh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Upaya ini dilakukan agar  tumbuh bibit atlet berprestasi yang berasal dari Kabupaten berjuluk Khagom Mufakat ini.

          Sejumlah event kejuaraan baik tingkat daerah maupun nasional dari berbagai cabor tak luput dari keikutsertaan atlet dari. Bahkan, beberapa kejuaraan bergengsi sukses diselenggarakan di kabupaten yang berada di ujung Pulau Sumatera ini. Hal ini menjadi bukti keseriusan jajaran pemerintah dan seluruh insan olahraga yang ada di kabupaten ini.

          Plt Kepala Dispora Lamsel Ariswandi, SH, MH menganggap, dunia atau industri olahraga bisa mendongkrak pembangunan daerah. Sebab, dalam setiap event atau kejuaraan dapat dipastikan menyebut identitas adal daerah dari atlet yang ikut serta.

BACA :  Bumiagung Juara Umum Porcam Kalianda

          “Terlebih, perwakilan dari wilayah kita yang menjadi pemenang dalam suatu event kejuaraan. Daerah kita menjadi terkenal dan bisa dikatakan menjadi kiblat dalam olahraga itu. Daerah lain akan datang untuk sekedar sparing partner atau event-event persahabatan. Dari sini akan banyak hal positif yang akan diperoleh daerah kita,” ungkap Ariswandi di kantornya, Senin (14/10) kemarin.

          Selain itu, imbuhnya, koordinasi dengan jajaran KONI dan pengurus cabor menjadi kunci utama dalam meningkatkan dunia olahraga. Sebab, KONI merupakan wadah organisasi olahraga resmi ditingkap pemerintahan yang bernaung di dalam tubuh Dispora.

          “Bersama KONI kita akan berupaya maksimal untuk bisa menyelenggarakan berbagai event-event olahraga bergengsi seperti sebelumnya. Disamping memang terdapat pos anggaran untuk pembinaan dan peningkapatan kapasitas prestasi atlet, kita juga bakal koordinasi ke luar supaya bisa menggaet sponsor. Dengan begitu akan banyak event yang bisa digelar di daerah kita,” tambahnya.

BACA :  Polisi: Mayat Perempuan Warga Kecamatan Natar

          Lebih lanjut dia mengatakan, baru-baru ini prestasi di dunia olahraga kembali ditorehkan atlet pelajar Lampung Selatan di cabor renang. Sembilan medali emas, delapan medali perak dan dua medali perunggu berhasil digondol tim pelajar Lamsel dalam Kejuaraan Renang Antar Pelajar Piala Anindya Bakrie se-Provinsi Lampung Tahun 2019 yang digelar di GOR Pahoman Bandarlampung, Minggu (13/10) lalu.

          “Para atlet pelajar yang berprestasi ini akan terus kita bina lewat Pengcab Renang yang rutin menggelar latihan di Kolam Renang Desa Jatibaru, Kecamatan Tanjungbintang. Memang untuk cabor renang pusatnya disana karena memiliki fasilitas renang bertarah nasional,” pungkasnya. (idh)

BAGIKAN