Dongkrak Pengembangan Usaha Tahu dan Tempe

257

Disperindag Rencanakan Usul Kedelai Bersubsidi

KALIANDA – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lampung Selatan berencana akan mengusulkan bantuan kedelai bersubsidi ke pemerintah pusat untuk mendongkrak pengembangan usaha para produsen tahu dan tempe di Kabupaten Lampung Selatan.

Kepala Disperindag Lamsel Qorinilwan Niti Jaman menilai, mininmnya pengembangan usaha tahu dan tempe diwilayah Lamsel dikarenakan masing-masing produsen seringkali terbentur dengan tingginya harga beli bahan baku untuk memproduksi pangan olahan tersebut.

“Hal itu (tingginya harga bahan baku, red) yang selalu menjadi persolan bagi para produsen tempe dan tahun, sehingga mereka sulit untuk mengembangkan usahnya. Oleh karena itu, kami (Disperindag, red) akan berupaya mendongkrak pengembangan usaha tahu dan tempe ini dengan cara mengusulkan bantuan kedelai bersubsidi kepada pemerintah pusat di tahun 2019 mendatang,” Ujar Qorinilwan kepada Radar Lamsel, di Kalianda, Selasa (11/9) kemarin.

BACA :  KPK Segel Aset Zainudin Ditiga Kecamatan

Dia menjelaskan, untuk bisa mendapatkan bantuan kedelai tersebut, jumlah produsen yang diusulkan minimal berjumlah sepuluh produsen aktif. Oleh karena itu, sebelum dilakukannya pengusulan, pihaknya terlebih dahulu melakukan pendataan untuk mengetahui jumlah produsen tahu dan tempe yang ada di wilayah Lampung Selatan.

“Kalau berdasarkan catatan yang ada pada kami jumlah produsen tahu dan tempe di Lamsel tidak sampai sepuluh, hanya ada beberapa saja. Oleh karena itu, sebelum diusulkan kami akan melakukan pendataan ulang guna mengetahui secara rill jumlah produsen tahu dan tempe yang ada,” terangnya.

BACA :  Terang Ulang, Wujudkan Rasa Keadilan

Dikatakannya, Disperindag Lamsel akan berupaya maksimal untuk meningkatkan dan mensejahterakan perekonomian para pelaku usaha yang ada diwilayah Lamsel. “Upaya yang dilakukan tentunya tidak hanya dengan memberikan bantuan saja, tetapi melalui pembinaan serta pendekatan kepada masing-masing pelaku usaha khususnya para produsen tempe dan tahu, agar usaha mereka benar-benar dapat berkembang dan menjadi lebih maju lagi,” kata Qorinilwan. (iwn)

BAGIKAN