Doyan Semur Jengkol

727
Anggraini Kumala Sari

Berbicara soal makanan, Indonesia meliki banyak ciri khas makanan nusantara. Ciri khas makanan nusantara ini menjadi favorit masyarakat setiap daerah.

Semur jengkol misalnya. Makanan yang satu ini tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Namun ada yang beranggapan jika makanan yang satu ini kurang diminati karena baunya yang menyengat setelah mengkonsumsinya.

Bau kurang sedap yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi semur jengkol mungkin bisa mempengaruhi perilaku seseorang seperti kehilangan percaya diri, tidak bisa tertawa lepas atau mungkin tidak bisa mengobrol dengan jarak yang terlalu dekat. Mungkin hal-hal seperti itu yang mempengaruhi seseorang untuk tidak mengkonsumsi semur jengkol.

Namun semua itu tidak berlaku buat Anggraini Kumala Sari. Ya, cewek cantik yang akrab disapa Rini ini begitu menyukai semur jengkol. Dara kelahiran Kalianda, 13 Agustus 1996 itu tidak pernah melewatkan kesempatan sedikitpun jika makanan favoritnya itu telah tersedia didepan mata.

“Lagi enggak ada saja nyari, apalagi kalo ada. Tanpa mengenal rasa ragu, ya langsung saya santap saja mas,” kata Rini saat ngobrol santai dengan Radar Lamsel, kemarin.

Sangkin doyannya dengan semur jengkol, cewek berzodiak Leo ini bahkan rela tidak menyantap lauk lain demi menikmati semur jengkol yang dianggap sudah menjadi soulmate si nasi.

“Sama (lauk) yang lain suka juga sih, tapi lebih suka sama yang itu (semur jengkol). Soalnya lebih gurih, apalagi kalo pedes, hmmm,” kata Rini bergumam.

Menurut Rini, semur jengkol merupakan lauk yang bisa menambah nafsu makan. Rini juga sering meminta dibuatkan semur jengkol kepada sang ibu. Namun permintaan itu terkadang tidak dikabulkan oleh ibunya yang tidak memperbolehkan dirinya mengkonsumsi semur jengkol terlalu sering.

“Kadang kalau enggak minta dibuatin, jengkolnya cuma di goreng biasa aja sama ibu, aku kan kecewa. Makanya untuk mengobati kekecewaan itu sekarang aku mulai belajar cara buat semur jengkol, ya itung-itung belajar masak juga, biar bisa masakin semur jengkol buat anak-anak aku nanti, hehehe,” katanya seraya bercanda. (rnd)

BAGIKAN