DTPHP Siap Ganti Tanaman Padi Puso

168
Ilustrasi Padi Puso

Stok Benih Padi Cadangan Aman

KALIANDA – Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Lampung Selatan mengklaim stok bantuan benih cadangan yang diperoleh tahun ini cukup untuk menganti tanaman padi milik petani di Lamsel yang lahan persawahannya rusak terendam banjir.

          Plt. Kepala DTPHP Lamsel Zailani Bura mengatakan, Kabupaten Lamsel tahun 2019 memperoleh bantuan benih padi cadangan dari pemerintah sebanyak 7.500 Kg untuk lahan persawahan seluas 300 hektare.

          “Tahun ini Lamsel dapat bantuan benih cadangan mencapai 7.500 Kg, atau cukup untuk memenuhi lahan seluas 300 hektare. Artinya, bantuan benih cadangan tersebut bisa untuk mengganti tanaman padi milik petani diwilayah Kecamatan Palas yang lahan sawahnya mengalami puso karena banjir,” ujar Zailani Bura kepada wartawan, Selasa (19/2) kemarin.

BACA :  Ujicoba Padi Tahan Air Asin Gagal

          Zailani menjelaskan, berdasarkan laporan Kepala UPTD Pelaksana Penyuluhan Pertanian (P3) Kecamatan Palas, akibat banjir melanda lahan persawahan diwilayah Palas beberapa waktu lalu, terdapat sekitar 40 hektare sawah milik petani mengalami puso.

          Menurutnya, meski telah terjadi puso hingga puluhan hektare, namun pihkanya tidak bisa memberikan bantuan benih cadangan tersebut dengan begitu saja.

          “Sebelum benih cadangan tersebut dibagikan, kami terlebih dahulu akan melakukan pemilahan. Apakah lahan-lahan sawah yang mengalami puso tersebut ikut dalam program Asuransi Usaha Tanam Padi (AUTP) ataukah tidak. Kalau ternyata diikutsertakan, maka penggantian bibit akan dilakukan oleh PT. Jasindo. Dan untuk petani yang tidak mengikuti program asuransi pertanian tersebut, maka akan dibantu dengan benih cadangan yang dimiliki oleh DTPDP Lamsel,” terangnya.

BACA :  Nasabah Simpedes BRI Dimanjakan Hadiah

          Zailani mengatakan, pendistribusian benih cadangan akan dilakukan setelah selesainya pemilihan lahan yang dilakukan oleh petugas pertanian. “Bisa jadi bantuan benih cadangan baru bisa dibagikan pada Maret 2019, setelah selesainya pemilahan lahan. Untuk masing-masing petani akan mendapatkan bantuan benih cadangan sebanyak 25 Kg untuk per 1 hektare sawah,” pungkasnya. (iwn)

BAGIKAN