Dua Gapoktan Dapat Bantuan Alsintan

813
Shofyan Apriyansyah – Ketua dan anggota Gapoktan Karya Mamur, Desa Kualasekampung, Kecamatan Sragi saat menerima Alsintan mesin pemotong padi hasil bantuan pemerintah pusat dikediamannya, Sabtu (30/4).

PALAS – Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sejahtera di Desa Bandan Hurip, Kecamatan Palas dan Gapoktan Karya Ma’mur Desa Kulasekampung, Kecamatan Sragi mendapatakan bantuan masing-masing satu unit alat mesin pertanian (Alsintan) pemotong padi dari pemerintah pusat.
Pemberian bantuan alat pemanen padi Combine Harvester dari pemerintah melalui APBN tahun 2016 merupakan salah satu strategi pemerintah dalam upaya meningkatkan hasil produksi. Yakni, menghemat waktu panen dan mengurangi kehilangan hasil padi saat panen secara manual. Program tersebut juga mendukung program pemerintah bidang swasembada beras berkelanjutan dengan menerapkan mekanisasi pertanian.
Kepala UPT PTPH Sragi Rusdi mengatakan, bantuan pemerintah pusat dari APBN tahun 2016 merupakan salah satu strategi pemerintah dalam upaya meningkatkan produksi dengan menerapkan teknologi dan penyempurnaan teknis pertanian kepada petani.
“Bantuan Alsintan ini bertujuan untuk peningkatan nilai tambah produksi padi dengan menigkatkan efisiensi, produktifitas dan mutu disamping modal dan kualitas sumber daya manusia,” kata Rusdi, Sabtu (30/4).
Ketua Gapoktan Karya Makmur, Desa Kualasekampung, Kecamatan Sragi Taman (45) mengatakan, bantuan satu unit mesin pemotong padi kepada Gapoktannya dari pemerintah guna mendukung peningkatan hasil produksi padi menggunkan alsintan.
“Kelebihan menggunakan Alsintan adalah mampu meminimalisir kerugian akibat kehilangan hasil padi saat panen secara manual, cepat dan menghemat biaya oprasional saat panen,” kata Taman.
Taman juga menjelaskan, biasanya persatu hektar padi bisa dikerjakan menggunakan 15 tenaga kerja dan selesai selama dua hari. “Namun dengan adanya mesin pemotong padi ini, persatu hektar lahan bisa dikerjakan oleh tiga sampai empat orang saja dan selesai selama dua jam,” kata Taman.
Sementara Ketua Gapoktan Sejahtera, Desa Bandan Hurip, Kecamatan Palas Karyadi mengatakan, pihaknya sangat berterimaksih atas bantuan yang sudah diberikan pemerintah kepada gapoktannya. Dirinya berupaya akan berusaha seoptimal mungkin dalam penggunaan bantuan yang diberikan untuk kepentingan anggotanya.
“Kami berterimaksih atas bantuan pemerintah ini. Gapoktan Karya Seajahtera berusaha akan mengoptimalkan bantuan mesin pemotong padi untuk kesejahteraan kelompok taninya,” kata Karyadi.
Diketahui, potensi hamparan dua Gapoktan tersebut adalah, Gapoktan Sejahtera, Desa Bandan Hurip Kecamatan Palas adalah 650 hektar. Kemudian, Gapoktan Karya Ma’mur, Desa Kualasekampung, Kecamatan Sragi adalah 662 hektar. (CW2)

BACA :  Benahi Internal Gedor PAD Kemudian
BAGIKAN