Dua Perguruan Tinggi di Lampung Tawarkan Kerjasama Bidang SDM

131

KALIANDA – Pimpinan Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya yang dikomandoi Wakil Rektor 1 DR. RZ. Abdul Aziz, MT melakukan audiensi dengan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Kamis (11/7) kemarin. 

Pertemuan yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati Lampung Selatan ini turut dihadiri Dekan Fakultas Ilmu Komputer IBI Darmajaya DR. Sriyanto, S.Kom, MM, Dekan Fakultas Ilmu Ekonomi DR. Faurani beserta sejumlah pengurus lainnya.

Wakil Rektor 1 IBI Darmajaya, Abdul Aziz menjelaskan, selain bersilaturahmi kedatangannya bersama jajaran pengurus dalam rangka untuk menjalin kerjasama Tridarma Perguruan Tinggi. Sebab katanya, IBI Darmajaya bukan sebuah Perguruan Tinggi yang hanya bergerak dibidang pendidikan, tetapi juga dibidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Jadi kami ingin IBI Darmajaya ini punya peran lebih untuk masyarakat Lampung, khususnya dengan masyarakat Lampung Selatan melalui Tridarma Perguruan Tinggi,” ujarn Abdul Aziz. 

Dia berharap, dalam pertemuan tersebut menghasilkan keberlanjutan untuk menjalin MoU antara pihak Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dengan IBI Darmajaya. “Misalanya, kami punya SDM, ada beberapa pakar dibidang. Maka kita ingin pakar ini bisa membantu Lampung Selatan, baik itu melaui kajian atau masukan untuk kemajuan Lampung Selatan,” katanya.

BACA :  Terkait Pemadaman Listrik, PT. PLN: Ada Pemeliharaan Darurat

Plt Bupati Lamsel Nanang Ermanto sangat menyambut baik maksud dan tujuan dari pihak IBI Darmajaya. Sebab katanya, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan terus berupaya meningkatkan diri, baik pendidikan maupun bidang lainnya.

Nanang menuturkan, bahwa Komitmen Pemkab Lampung Selatan untuk membangun sumber daya manusia (SDM) juga terus ditingkatkan. Mengingat sumber daya alam yang dimiliki kabupaten sebagai pintu gerbangnya Jawa-Sumatera yang sangat beragam. 

“Intinya kami welcome. Karena pembangunan itu bukan hanya infrastruktur saja, tetapi juga perlu membangun SDM-nya. Kami juga sampaikan terima kasih, karena sudah mendapatkan wawasan dan masukan. Nanti tinggal kita atur langkah-langkah selanjutnya,” kata Nanang.

Sebelumnya, ditempat dan hari yang sama, Plt Bupati Lampung Selatan juga menerima kunjungan dari Rektor Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) DR. H. Dalman, M.Pd. Turut mendampingi Rektor UML, Staf Ahli Rektor DR. H. Yuria Putra Tubarad, M.Si, dan Kepala Humas UML Bastian Sugendi, M.Pd.

BACA :  Enggung Lamar Golkar Juga PKS

Senada dengan IBI Darmajaya, Kedatangan Pimpinan UML juga alam rangka menjajaki kerjasama dengan Pemkab Lampung Selatan.

Sebab menurutnya, sebagai perguruan tinggi yang berkpirah di dunia pendidikan, sudah seharusnya UML bersinergi dengan pemerintah daerah yang ada di Provinsi Lampung.

“Maksud kedatangan kami kesini untuk silaturahim. Katanya, kalau tidak kenal itu maka tak sayang. Dan tentunya kami ingin lebih dekat dengan menjalin kerjasama dengan Pemkab Lampung Selatan, itu harapannya,” ujar Rektor UML dihadapan Plt Bupati Nanang Ermanto.

Lebih lanjut Dalman menjelaskan, saat ini UML memiliki 12 Program Studi di 6 fakultas yang ada. Dia juga mengungkapkan, semua Program Studi itu sudah terkreditasi B oleh BAN-PT.

“UML ini sudah mendeklarasikan kampusnya sebagai entrepreneur campus, yang menjamin lulusan bekerja, atau kuliah sambal bekerja,” pungkasnya. (idh)

 

BAGIKAN