Eksistensi Desa Balinuraga Lanjutkan Pembangunan

486

KALIANDA – Desa Balinuraga, Kecamatan Way Panji kembali menunjukan eksistensi pembangunan dibidang infrastruktur dalam realisasi Dana Desa tahun 2018.

Dana Desa tahap kedua sebesar 40 persen ini, aparatur desa dibantu masyarakat Balinuraga telah merealisasikan bangunan fisik diantaranya jalan beton, drainase, talud, serta gorong-gorong disejumlah titik.

Kepala Desa Balinuraga Made Santre menegaskan komitmen mereka dalam mendukung pembangunan daerah yang dimulai dari desa. Dengan adanya DD masyarakat bisa ikut merasakan program pembangunan jangka panjang yang diusung pemerintah pusat maupun daerah.

“ Kami mendukung komitmen pembangunan tersebut, maka itu perlu eksistensi untuk menunjukan bahwa pembangunan di desa-desa juga bergulir dan bergerak maju dari tahun ke tahun,” kata Made Santre kepada Radar Lamsel, Senin (17/9) kemarin.

 

 

 

 

 

Adapun dusun yang masuk skala prioritas pembangunan DD tahap kedua 2018 telah dibangun infrastruktur penunjang. Dipaparkan Santre jalan beton sepanjang 725 meter penghubung Dusun I,III, IV dan V. Kemudian didusun yang sama dibangun drainase sepanjang 503 meter.

BACA :  22 Januari DPC Demokrat Buka Penjaringan Balonkada

“ Ada pula pembangunan gorong-gorong sebanyak dua unti di Dusun II dan III sedangkan untuk pembangunan Warung Desa (Wardes) menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) dengan ukuran 5×6 meter dibangun di Dusun II,” sebut Santre.

Orang nomor satu di Balinuraga itu berharap apa yang telah dibangun agar dapat dijaga dan dirawat bersama sebagai aset dan fasilitas penunjang yang ada di desa.

“ Kami berharap masyarakat dapat menikmati dan menggunakan fasilitas infrastruktur dalam jangka waku yang lama disisi lain juga dapat mendongkrak roda perekonomian yang ada di desa,” sebut dia.

Optimalkan DD Tahap Kedua

Pemerintah Desa Balinuraga Kecamatan Way Panji terus mengoptimalkan realisasi DD tahap kedua 2018 ini. Mereka juga menggandeng Unsur Pimpinan Kecamatan serta warga lokal baik dibidang pengerjaan maupun pengawasan.

BACA :  Buruh Tolak RUU Omnibus Law

Camat Way Panji Isro Abdi menerangkan seluruh desa mesti aktif dalam memaparkan dan menunjukan kepada publik terkait apa yang telah dibangun dan direalisasikan dari DD. Itu kata dia merupakan langkah tepat sebagai bentuk transparansi yang dijalankan.

“ Balinuraga dari tahun ketahun selalu aktif memaparkan program serta pencapaian dari realisasi DD. Ini diperlukan agar transaparansi yang dimaksud benar-benar tercapai,” kata Isro Abdi.

Sementara Kepala Urusan (Kaur) Administrasi Desa Balinuraga Ketut Seneng mengatakan sejauh ini realisasi DD tahap I sudah direalisasikan. Keterbukaan informasi juga terpampang di balai desa untuk mempermudah bagi warga yang ingin mengetahui peruntukan DD. “Artinya, Balinuraga terus berupaya mempercepat pembangunan. Ditambah lagi saat ini tengah mengerjakan DD 40 persen tahap II yang sudah mulai dijalankan,” terangnya. (ver)

BAGIKAN