Estafet, Fredy Sambut Api Abadi Asian Games di Menara Siger

113

KALIANDA – Sektretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan Ir. Fredy SM, MM menyambut kedatangan api obor Asian Games 2018 di Menara Siger Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, sekitar pukul 07.45 WIB, Kamis (9/8) kemarin. Api asian games itu diberangkatkan dari Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) pada tanggal 7 Agustus 2018 lalu.

Berdasarkan pantauan, sesampainya di Menara Siger api abadi Asian Games itu disimpan kedelam tender box (lentera) yang kemudian diserahkan oleh Ketua Rombongan Kirab Obor Permana Sunu Kertalampa selaku Ceremonies Departement INASGOC, kepada Kepala Dinas Olahraga Provinsi Lampung Haibal, SH.

Kemudian, api asian games tersebut kembali diserahkan oleh Hanibal ke Sekdakab Lamsel Fredy Sukirman yang sudah sejak pagi menunggu kedatangan rombongan kirab obor di Bakauheni, bersama para anggota Forkorpimda dan pejabat Pemkab Lampung Selatan.
Selanjutnya, secara estafet api obor asian games itu kembali diterima oleh GM PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Anton Murdianto, untuk diberangkatkan kembali melalui jalur laut menuju pelabuhan Merak-Banten.

Dalam kesempatan itu, Fredy Sukirman menyampaikan, penyambutan api asia games tahun 2018 di objek wisata Menara Siger Bakauheni menjadi momen bersejarah bagi pemerintah daerah dan masyarakat Lampung Selatan. Karena menurut Fredy, kejadian seperti ini (serah terima api Asean Games, red) merupakan kejadian yang sangat langka dan belum pernah terjadi di Lampung Selatan.

“Ini merupakan momen bersejarah bagi kabupaten Lamsel. Entah kapan lagi kita bisa menyambut api Asean Games seperti ini. Oleh karena itu, pemkab berharap semoga pelaksanaan Asian Games 2018 berjalan suskes, dan Negara Indonesia bisa masuk kedalam sepuluh besar,” pungkasnya.

Rombongan kirab pembawa api obor Asian Games 2018 diberangkatkan dari dermaga II Pelabuham Bakauheni untuk menuju ke pelabuhan Merak-Banten sekitar pukul 08.05 WIB, dengan menaiki Kapal Roro Batu Mandi milik PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Lampung. (iwn)

BAGIKAN