Evaluasi APBDes Rampung, Lamsel Tunggu Transfer Pusat

583
Kepala BPMD Lamsel Drs. Edy Firnandi, M.Si

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan telah merampungkan tahap evaluasi APBDes desa se-Kabupaten Lamsel. Kepastian ini disampaikan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Lamsel kepada Radar Lamsel, kemarin.
Belakangan molornya pencairan dana desa (DD) ini membuat khawatir para kepala desa (Kades) akan implementasi DD tidak tepat waktu. Namun, Kepala BPMD Lamsel H. Edy Firnandi berharap dalam satu atau dua hari kedepan pemerintah pusat bisa mentransfer dana desa untuk Lamsel.
Plt. Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lamsel ini mengakui hingga saat ini anggaran DD belum di masuk ke rekening Pemkab Lamsel. Namun, berbagai tahapan untuk proses pencairan DD tersebut dipastikan rampung.
“Kita tunggu saja dalam waktu satu sampai dua hari kedepan. Mudah-mudahan, DD segera di transfer dari pusat. Karena, evaluasi APBDes juga sudah selesai,”kata Edy Firnandi kepada Radar Lamsel, kemarin.
Pihaknya bersama dengan BPKAD juga telah melakukan upaya koordinasi dengan Kemenkeu RI untuk mempertanyakan hal tersebut. “Hari ini ada staf saya yang langsung turun ke Jakarta untuk mempertanyakan hal ini. Sekaligus ada rakor terkait DD juga,”imbuhnya.
Mengenai revisi peraturan bupati (perbup) terkait penyaluran DD, lanjut mantan Kepala Disdukcapil ini, semuanya dipastikan telah rampung. Revisi perbup itu juga telah dikirimkan ke pemerintah pusat melalui e-mail dan fax.
“Kemarin sudah kami kirimkan revisi perbup sesuai yang dikehendaki pemerintah pusat. Ya, kita tunggu saja dalam waktu dekat ini. Karena, kami yakin dalam bulan ini pasti bisa segera dicairkan,”pungkasnya. (idh)

BACA :  Hasil Audiensi, PLN UPK Tarahan akan Rehab GSG Kalianda
BAGIKAN