FPKS Mangkir Paripurna, Dewan Batal Rombak AKD

0

KALIANDA – DPRD Lampung Selatan batal menggelar paripurna internal dewan terkait perombakan alat kelengkapan dewan (AKD) di DPRD Lamsel.

Pembatalan itu dilakukan lantaran Fraksi PKS tak satupun hadir dalam agenda tersebut. Tak hanya dalam paripurna internal, rapat paripurna ranperda tentang hak keuangan dan administratif dewan pun FPKS tak hadir. Padahal salah satu fraksi yang cukup kritis di DPRD Lamsel ini tak pernah bertindak demikian.

Ketua DPRD Lampung Selatan H. Hendry Rosyadi mengamini rapat paripurna perombakan AKD di DPRD batal digelar karena ketiadaan FPKS didalamnya. “Iya, kita tunda. FPKS belum putus. Kita butuh berkomunikasi ulang dengan FPKS,” ungkap Hendry kepada Radar Lamsel kemarin.

Penundaan itu, kata Hendry, dilakukan hingga Pansus Ranperda Hak Keuangan Dewan merampungkan tugasnya. “Kita fokus kepada ranperda dulu,” ungkap Hendry.

Hendry mengakui ada desakan dari internal DPRD untuk tetap menggelar perombakan AKD yang memang sudah molor dari jadwal. “Tapi nggak lah. Yang kita bangun adalah kebersamaan untuk membangun Lampung Selatan. Kita tunggu saja,” ungkap Hendry.

Dari informasi yang dihimpun Radar Lamsel, FPKS DPRD Lampung Selatan tengah merajuk. Kabarnya harapan fraksi yang dipimpin Andi Apriyanto, A.Md yang menginginkan AKD Badan Legislasi (Baleg) tak terakomodasi.

Termasuk mengenai rencana perombakan personil Badan Anggaran (Banang) di DPRD Lamsel. “Yang saya dengar begitu. Makanya mereka nggak hadir sama sekali,” kata sumber Radar Lamsel di DPRD kemarin.

AKD di DPRD Lamsel, kata dia, saat ini akan diatur proporsional sesuai dengan hasil pemilu 2014. Fraksi yang memiliki pimpinan di DPRD dijatah untuk memegang AKD komisi sebagai pimpinannya. Artinya FPDIP, Fraksi Demokrat; Fraksi Gerindra; dan Fraksi PAN.

“Sebelumnya kan FPAN yang memegang Baleg dan Fraksi Golkar pegang komisi. Mereka ini bertukar saja. Tapi, FPKS yang pegang Badan Kehormatan malah mau Baleg,” ungkap sumber tadi sambil meminta agar namanya tidak ditulis dalam koran.

Sementara itu Ketua FPKS DPRD Lamsel Andi Aprianto, A.Md belum dapat dimintai keterangannya hingga berita ini diturunkan. Dihubungi melalui sambungan telepon, meski aktif Sekretaris DPD PKS Lamsel ini enggan menjawab panggilan Radar Lamsel.

Fraksi-fraksi Mereposisi Jabatan

Sementara itu meski rolling AKD batal digelar, sejumlah fraksi melakukan reposisi jabatan kemarin. Dalam rapat paripurna yang digelar di DPRD Lamsel kemarin setidaknya ada enam fraksi mereposisi jabatan pimpinan fraksi yang dibacakan Sekretaris DPRD Lamsel Burhanuddin.

Antara lain Fraksi PDIP kini dijabat Sadide dan Sekretaris Ahmad Johani sebelumnya dijabat Farida Aryani dan Sunyata. Fraksi Demokrat kini dijabat Suhendra dan sekretaris Jenggis Khan Haikal yang sebelumnya dijabat Sukarnen WD dan M. Supriyadi.

Lalu Fraksi Gerindra yang mereposisi sekretaris. Dengan formasi baru Ketua Fraksi Gerindra H. Darol Kutni dan M. Syaiful Anwar. Fraksi NasDem Ketua H. Jasroni dan Sekretaris Suparman. Fraksi Golkar mereposisi sekretaris dan bendahara. Posisi barunya Ketua Fraksi M. Syahroni, Sekretaris Ahmad Muslim dan Bendahara I Made Sukintre.

Selanjutnya Fraksi Gabungan PKB dan Hanura yang bertukar posisi jabatan yaitu Ketua Sugiharti dan Sekretaris Iman Subkhi. (edw)

Leave A Reply

Copyright © 2017. Radar Lamsel