Gebyar Gelora Pustaka Gemilang

373

Songsong Bulan Baca dan HUT Lamsel 2018

KALIANDA – Dinas Perpustakaan dan Kerasipan (DPK) Kabupaten Lampung Selatan menggelar acara Gebyar Gelora Pustaka Gemilang dalam rangka menyongsong bulan baca dan HUT Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2018, Rabu (31/10).

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Sebesi Gedung PKK Kabupaten Lamsel itu, dibuka oleh Staf Ahli Bidang Ekobang Setdakab Lamsel Syahlani mewakili Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto.

Dalam sambutannya, Syahlani menyampaikan, pemerintah daerah mengapresiasi serta mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh DPK Lamsel. Menurutnya, acara Gebyar Gelora Pustaka Gemilang dengan menggelar lomba pidato Bahasa Lampung dan bercerita antar pelajar, menjadi salah satu upaya untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat, khususnya para generasi muda penerus bangsa.

“Pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kerasipan ini. Kegiatan ini merupakan sarana promosi pelayanan perpustakaan sebagaimana tertuang dalam butir-butir a dan b Pasal 30 peraturan pemerintah Nomor 24 Tahun 2014 tentang pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 tahun 2017 tentang  perpustakaan yang tujuannya adalah untuk menggalakan minat baca masyarakat terutama dikalangan pelajar dan generasi muda Lampung Selatan,” ujar Syahlani.

BACA :  Lelang Jabatan 7 Kepala OPD Tunggu Izin Kemendagri

Dikatakannya, kegiatan Gelora Pustaka ini juga dapat dijadikan cara untuk merangsang pertumbuhan anak-anak dibawah usia enam tahun, dimana pada usia tersebut merupakan masa-masa keemasan bagi anak-anak. “Pemkab Lamsel berharap kegiatan gebyar pustaka gemilang  ini bisa terus dilaksanakan setiap tahunnya, dengan dilakukannya peningkatan serta pengembangan secara berkelanjutan,” harapnya.

Sementara itu Kepala DPK Lamsel Eka Riantinawati, SKM. M. Kes menjelaskan, digelarnya kegiatan Gebyar Gelora Pustaka Gemilang tahun 2018 ini didasari oleh Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan yang mengamanatkan budaya gemar membaca melalui sebuah gelaran yakni Gelora Pustaka Gemilang, dan sekaligus menyongsong bulan baca dan HUT Lamsel ditahun 2018. “Pada intinya kegiatan ini memiliki tujuan untuk mencerdaskan generasi muda dan kehidupan masyarakat melalui budaya membaca,” jelasnya.

BACA :  Sepakat Berdamai Ihwal Foto ODGJ

Menurutnya, lomba berpidato dengan menggunakan Bahasa Lampung serta bercerita yang diikuti pelajar sekolah se-Lamsel ini juga, menjadi salah satu cara bagi pihaknya untuk mengajarkan anak-anak dikalangan pelajar untuk mencintai daerah Lampung, khusunya Kabupaten Lampung Selatan. “Para peserta merupakan para pelajar sekolah dari 17 kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan dari tingkat SD, SMP dan SMA, serta para tendik PAUD dengan jumlah peserta kurang lebih 500 peserta,” pungkasnya. (iwn)

BAGIKAN