Gempa Tak Pengaruhi Kondisi GAK

190

Lamsel Diguncang Gempa 5,1 Skala Ritcher

RAJABASA – Gempa berkekuatan 5,1 skala ritcher (SR) mengguncang wilayah Kabupaten Lampung Selatan, Minggu (15/4) dinihari. Dari informasi yang disebarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa itu terjadi di 71 km barat daya pada kedalaman 10 km yang berlokasi di 6.17 LS – 105.34 BT.

Meski berlokasi di Lampung Selatan, gempa diklaim tidak mempengaruhi kondisi Anak Gunung Krakatau (GAK) yang berada di Selat Sunda. Hal ini disampaikan oleh Kepala Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau (GAK) Andi Suwardi ketika dikonfirmasi Radar Lamsel, Minggu (15/4) kemarin.

Andi mengatakan, pasca terjadinya gempa, pihaknya belum menemukan tanda-tanda perubahan aktivitas terhadap Gunung Anak Krakatau. Bahkan tidak terasa sampai ke lokasi GAK. “Gempanya tidak berpengaruh terhadap GAK,” katanya.

Andi melanjutkan, aktivitas gempa bumi itu terekam selama 110 detik. Meski hampir 2 menit, Andi menegaskan hal itu tetap tak memberi pengaruh. “Gempanya juga tidak terasam Cuma terekan saja,” lanjutnya.

Meski demikian, Andi tak berani memastikan apakah kondisi GAK akan benar-benar aman. Karena aktivitas GAK yang saat ini masih normal bisa saja berubah sewaktu-waktu sesaat gempa. Menurut dia, belum diketahuinya perubahan GAK itu dikarenakan jarak gempa yang cukup jauh.

“Bisa juga ada pengaruhnya itu (gempa’red), hanya saja memang tak langsung dan seketika. Butuh beberapa proses untuk melihat perubahannya,” lanjutnya.

Untuk mengantisipasi terjadi peristiwa yang tak diinginkan, Andi menghimbau amsyarakat dan wisatawan yang dekat dengan GAK untuk menjauh dalam radius 1 kilometer. “Himbauan dari kami supaya nelayan dan wisatawan tidak mendekati GAK dalam radius yang sudah ditetapkan,” pungkasnya. (rnd)

BAGIKAN