Guru dan Murid di Candipuro Meriahkan Jalan Sehat HGN

0

CANDIPURO – Ratusan guru dan murid se-Kecamatan Candipuro mengikuti jalan sehat untuk memperingati Hari Guru Nasional (HGN) yang jatuh pada Sabtu (25/11).

Selain jalan sehat, peringatan HGN juga dimanfaatkan untuk pemeriksaan kanker serviks bagi guru dan para ibu yang mengikuti jalan sehat tersebut.

Kepala UPT Disdik Candipuro Nurhasanah, S.Pd. MM., mengatakan, peringatan HGN kali ini tidak hanya diikuti oleh guru dan murid melainkan juga dibuka untuk umum. “Kami mengajak warga untuk meramaikan HGN. Untuk para ibu kami memberikan pemeriksaan kanker serviks gratis,” kata dia, kepada Radar Lamsel.

Ada sekitar 900 peserta yang memulai start dari lapangan kantor Kecamatan. Ratusan peserta itu kata Nurhasanah terdiri dari siswa SD, SMP dan SMA sederajat. “Pesertanya mulai dari SD sampai SMA, begitu juga dengan guru,” sebut dia.

Sementara Camat Candipuro Wasidi menuturkan Hari Guru Nasional ini dijadikan sebagai momentum untuk membangkitkan semangat mengajar para guru bagi generasi bangsa.

“Guru dalah ujung tombak kedua setelah orang tua. Begitu vital peran guru di tengah masyrakat, maka HGN ini kami melibatkan warga untuk mengingat jasa para guru di Candipuro,” terangnya.

Mantan Sekcam Sidomulyo ini berharap, kedepan HGN bisa lebih meriah lagi dan lebih mengedukasi peserta yang menghadiri peringatan ini. “Mudah-mudahan kedepan acaranya semakin meriah dan banyak acara yang mengedukasi supaya HGN tidak mudah dilupakan dan menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh warga,” imbuhnya.

Kepala UPT Puskesmas Candipuro Sunardi membenarkan adanya pemeriksaan kanker serviks secara gratis pada HGN kali ini. Sebanyak 200 ibu-ibu melakukan pemeriksaan di stand yang telah disediakan Puskesmas.

“Kami sediakan stand khusus dan petugas medis yang lengkap untuk melayani pemeriksaan. Sebab kanker serviks menjadi pembunuh utama bagi kaum ibu, tentunya ini adalah ancaman nyata dan serius untuk para ibu bila tidak dicegah,” tambahnya. (ver)

Leave A Reply

Copyright © 2017. Radar Lamsel