Hadapi Era Digital, Tingkatkan Pengawasan Anak

114
David Zulkarnain – Bunda PAUD Lampung Selatan, Winarni Nanang Ermanto saat memberikan sambutan pada acara Halal Bil Halal Organisasi PAUD Lampung Selatan, di Desa Sukamulya, Kecamatan Palas, Senin (8/7).

PALAS – Era digitalisasi menjadi tantangan tersendiri di dunia pendidikan anak usia dini (PAUD). Tenaga pengajar memiliki peranan penting dalam melakukan pengawasan dalam pembentukan karakter anak sebagai generasi penerus.

          Hal itu dikatakan oleh Bunda Paud Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto saat menggelar Halal Bil Halal  Organisasi Mitra Paud Kabupaten Lampung Selatan, di Desa Sukamulya, Kecamatan Palas, Senin (8/7).

          Winarni juga mengatakan, era digitalisasi memiliki peran penting dalam dunia PAUD. Disampingi itu, lanjutnya, menjadi tantangan akan adanya penyalahgunaan sarana digital untuk hal-hal yang kurang baik dan akan mengganggu pembentukan karakter anak sebagai generasi penerus.

BACA :  Endro S. Yahman: Pemda Kurang Kreatif

“Kita memang tidak bisa menolak dengan adanya kemajuan teknolgi saat ini dalam dunia pendidikan. Namun ini juga menjadi tantangan kita terutama didalam pendidikan karakter anak usai dini,” kata Winarni.

Istri orang nomor satu di Lampung Selatan ini mengungkapkan, di dalam era digitalisasi ini tenaga didik dan orang tua memiliki peranan penting dalam melakukan pengawasan dan memberikan batasan dalam penggunaan teknologi kepada anak usia dini.

“Kami juga sudah mulai melakukan sosialisasi di tingkat PAUD ditengah era digital saat ini. Pengawasan ini juga tidak hanya menjadi tugas tenaga didik namun juga menjadi kewajiban orang tua dalam melakukan pengawasan,” terangnya.

BACA :  Tendik Harus Kreatif Ciptakan APE

Tidak hanya itu, lanjut Winarni, dalam memajukan dunia pendidikan anak usia dini, pihaknya juga akan mengupayakan peningkatan kesejahteraan tenaga didik PAUD. “Saat ini kami bersama Dinas Pendidikan tengah mengupayakan peningkatan kesejahteraan tenaga didik,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Lampung Selatan Thomas Amrico menerangkan, dalam pendidikan anak usia dini tidak hanya mengedepankan nilai akademis. Namun juga harus mementingkan pendidikan karakter yang religius.

“Pendidikan karakter yang religius juga harus kedepankan. Untuk itu kedepannya kami akan mengupayakan disetiap lembaga pendidikan mulai dari tingkat PAUD – SMP harus memiliki guru mengaji,” pungkasnya. (vid)

BAGIKAN