Hadapi Pancaroba, Nanang Ajak Masyarakat Terapkan PHBS

557

KALIANDA – Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) menjadi kunci untuk menjaga kesehatan setiap pergantian musim. Untuk itu, Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto meminta Dinas Kesehatan mengimbau sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang adanya pergantian cuaca (pancaroba, red) yang terjadi sekarang ini.

Imbauan itu bertujuan, agar masyarakat untuk waspada dalam menghadapi perubahan cuaca yang bisa menimbulkan berbagai macam wabah penyakit.

Nanang mengatakan, petugas kesehatan harus bisa mengajak masyarakat untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai upaya menghindari serangan berbagai macam penyakit saat menghadapi cuaca pancaroba yang terjadi sekarang ini.

BACA :  Pimpinan Definitif DPRD Lamsel Resmi Dilantik

“PHBS itu sangat penting bagi masyarakat. Karena, dengan menerapkan pola-pola tersebut, maka wabah penyakit tidak akan mudah muncul. Dan masyarakat akan terhindar dari ancaman berbagai macam penyakit,” ujar Nanang Ermanto di Kalianda, Kamis (27/9) kemarin.

Dia mengungkapkan, saat terjadinya perubahan cuaca biasanya banyak wabah penyakit yang bermunculan seperti Demam Berdarah Dengue (BDD), saluran pernafasan (Ispa) dan malaria. “Oleh sebab itu, saya minta kepada Kepala Dinas Kesehatan Lamsel, agar memerintahkan seluruh jajaranya yang ada ditiap-tiap kecamatan baik itu petugasa dinas kesehatan, puskesmas, pustu, dan juga para kader kesehatan untuk mensosialisasikan PHBS kepada masyarakat. Kita lebih baik mencegah daripada harus mengobati,” ungkapnya.

BACA :  NasDem Sudah Tampung 12 Bakal Calon

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan Jimmy B Hutapea mengaku, pihaknya telah memerintahkan semua jajaran untuk mensosialisasikan PHBS kepada seluruh masyarakat di Lampung Selatan. “Khususnya juga membudayakan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Itu sebagai upaya untuk menghindari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh faktor lingkungan yang tidak bersih,” pungkasnya. (iwn)

BAGIKAN