Harga Bawang Putih Merangkak Naik

820
ILUSTRASI

SIDOMULYO – Harga bawang putih merangkak naik dibilangan pasar Sidomulyo. Bumbu masak yang kerap menjadi bahan dalam olahan makanan ini tembus diangka Rp 27.000 perkilogramnya. Harga ini naik sekitar Rp 3.000 dari sebelumnya sebesar Rp 24.000 perkilogram.
Halimah (41) seorang pedagang bawang putih dipasar tradisional Sidorejo Kecamatan Sidomulyo mengatakan, kenaikan harga ini terjadi sejak beberapa hari terakhir. Bumbu masak yang berwarna putih ini langka dipasaran. “Iya. Sekitar empat hari terakhir naik,” ungkap Halimah kepada Radar Lamsel di Pasar Sidomulyo, kemarin.
Kepala UPT Dinas Pasar dan Perdagangan Ilyas ,SE. Ka.UPT Dinas Perdagangan dan Pasar juga membenarkan hal itu. Menurut dia, keinaikan harga terjadi sebelum libur tahun baru Imlek. Pemicunya karena pasokan barang mulai minim dan stok barang dipasaran mulai langka.
Ilyas justru menilai kenaikan harga sebesar Rp 3.000 itu masih terbilang normal. Karenanya, dia juga mengatakan akan terus memantau harga-harga dipasar terlebih harga kebutuhan pokok. “Setiap hari kami pantau,” ujar Ilyas.
Meli (27) seorang ibu rumah tangga ikut menanggapi kenaikan harga bawang putih ini. Dia mengaku harus pikir-pikir lagi kalau mau beli bawang putih dalam jumlah yang banyak. “Walaupun cuma naik Rp 3.000 berat juga. Bisa untuk beli tomat,” ungkap dia. (CW3)

BAGIKAN