Harga Bawang Putih Tembus Rp70 Ribu Perkilogram

253
Idho Mai Saputra – Harga bawang putih mengalami kenaikan harga di sejumlah pasar tradisional. Di Pasar Inpres Kalianda sendiri harganya mencapai Rp70 ribu per kilogram, Kamis (8/5).

KALIANDA – Kenaikan harga bawang putih hampir terjadi diseluruh wilayah. Kenaikan harga bawang putih juga terjadi di Pasar Inpres Kalianda. Komoditi bawang putih harganya meroket hingga 300 persen yakni mencapai Rp70 ribu per kilogramnya.

Kondisi ini, membuat para pembeli terkejut dan terpaksa mengurangi belanjaannya agar bisa mencukupi kebutuhan. Pasalnya, sebelum bulan puasa harga bawang putih hanya mencapai Rp20 ribu per kilogramnya.

Sugiarti (45), pedagang sembako di Pasar Inpres Kalianda mengungkapkan, kenaikan harga bawang putih sudah terjadi sejak sepekan terakhir. Namun, kenaikan harga ini terjadi secara bertahap, bahkan pernah mencapai Rp80 ribu per kilogramnya.

BACA :  Polsek Kalianda Razia Titik Rawan Kriminalitas

“Saya sendiri juga bingung kenapa harganya bisa naik tinggi sekali. Hari ini harga jual saya Rp70 ribu per kilogram. Kemarin harganya sempat naik jadi Rp80 per kilogramnya,” kata Sugiarti di kiosnya, Kamis (8/5) kemarin.

Dia menegaskan, lonjakan harga bawang putih ini terjadi akibat minimnya pasokan dari distributor. Sehingga, di pasar mengalami kekurangan barang dan otomatis permintaan meningkat.

“Seperti biasa, barangnya sedikit harganya naik. Kami sebagai pedagang eceran juga tidak bisa menekan harga. Semestinya, pemerintah yang bisa melakukan antisipasi harga agar tidak melonjak seperti ini,” tegasnya.

Sementara itu, Rieke (37) salah seorang ibu rumah tangga mengaku terkejut atas kenaikan harga bawang putih tersebut. Dia mengatakan, terpaksa harus mengurangi jatah belanjaan lain agar tetap bisa membeli komoditti bawang putih.

BACA :  Lalat PT. CAP Bikin Resah Warga Desa Tetaan

“Tapi mau tidak mau harus tetap dibeli meskipun harganya mahal. Karena, kalau tidak ada bawang putih jadi apa rasa masakan dirumah. Yang pasti, kurang sedap. Mudah-mudahan, ada upaya pemerintah dengan kenaikan harga bawang putih ini,” tukasnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, harga kebutuhan pokok lainnya relatif masih aman. Namun, para pedagang memperkirakan akan terjadi lonjakan harga jelang hari raya mendatang. (idh)

Berikut liputan Saburai TV:

BAGIKAN