Hari Pertama US-USBN SMP Lancar

218
Iwan J Sastra - Siswa SMPN 1 Kalianda saat mengikuti pelaksanaan US-USBN pada hari pertama, Senin (8/4) kemarin.

Peserta Hadir Seratus Persen

KALIANDA – Hari pertama pelaksanaan Ujian Sekolah dan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (US-USBN) tingkat SMP sederajat di Kabupaten Lampung Selatan berjalan tertib dan lancar, Senin (8/4) kemarin. 

          Berdasarkan laporan dari Dinas Pendidikan (Disdik) Lampung Selatan, kehadiran peserta US-USBN SMP pada hari pertama mencapai seratus persen sesuai dengan jumlah peserta yang terdata yakni sebanyak 16.174 siswa dari 243 sekolah yang ada dikabupaten gerbang krakatau ini.

          Kabid Pendidikan Dasar Syaifulloh, mewakili Kepala Disdik Lamsel Thomas Americo mengatakan, tidak ditemukan adanya kendala dalam pelaksanaan US-USBN pada hari pertama. Bahkan menurutnya, dari 16.174 siswa peserta ujian, semua hadir seratus persen. “Alhamdulillah hari pertama lancar, semua peserta diseluruh sekolah hadir dan ikut semua,” ujar Syaifulloh, kepada Radar Lamsel, diruangkerjanya, kemarin.

BACA :  Lamsel Usung Tema Kemilau Gerbang Sumatera di Event LF

          Dijelaskannya, pelaksanaan US-USBN merupakan salah satu syarat kelulusan, oleh karena itu pihaknya berharap semua siswa ikut hingga akhir. “Ini adalah salah satu tahap penting bagi siswa, jadi  kami imbau agar semua siswa mengikutinya, kalau pun sakit nanti bisa mengikuti US-USBN susulan sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan,” jelasnya.

          Diungkapkannya, US-USBN SMP tahun 2019 ini akan berlangsung selama enam hari yang dimulai dari hari Senin sampai Sabtu mendatanag (8-13/4).

BACA :  559 Warga Binaan Lapas Kalianda tak Ikut Nyoblos

          “Untuk mata pelajaran yang diujikan yakni Agama, IPA, Bahasa Indonesia, IPS, Matematika, PKn, Bahasa Inggris, Seni Budaya, TIK atau Prakarya, Bahasa Lampung, PJOK, dan pelajaran Mulok,” ungkapnya.

          Dalam Ujian Sekolah dan Ujian Sekolah Berbasis Nasional ini, lanjutnya, terdapat dua sistem pelaksanaan yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNBK-UNKP). “Untuk SMP dan MTs yang tahun ini sudah melaksanakan sistem UNBK baik negeri ataupun swasta jumlahnya adalah sebanyak 176 sekolah. Sedangkan, untuk SMP yang melaksanakan sistem UNKP baik negeri maupun swasta adalah sebanyak 67 sekolah,” pungkasnya. (iwn)

BAGIKAN