Hasil Kompetensi Pejabat Tidak Dipublikasi

342
Foto Nazirin - Tampak para pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Pesawaran sedang mengikuti ujian kompetensi, kemarin di aula Pemkab setempat.

GEDONGTATAAN – Uji kompetensi pejabat yang dilaksanakan Pemerintahan Kabupaten Pesawaran diklaim bukan formalitas. Namun, sayangnya hasil dari ujian jabatan itu tidak akan dipublikasikan.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat (BKDD) Kabupaten Pesawaran Zainal Arifin, di sela- sela tes 33 pejabat di lingkungan pemkab setempat. “Kalau masalah transparasi hasil tes itu urusan bupati, bukan kewenangan saya. Tapi, setahu saya tidak harus diberitahukan,” kata Zainal, kemarin.

Menurut dia, hasil tes tersebut tidak ada kaitanya dengan penempatan pejabat. Lantaran, ujian yang dilaksanakan itu hanya untuk mengukur kompetensi pejabat di lingkungan pemkab setempat. “Kalau pengisian jabatan nanti akan ada lelang terbuka. Kalau kali ini hanya job fit dan pengukuhan pejabat,” jelasnya.

Sementara, berdasarkan keterangan para pejabat yang mengikuti uji kompetensi jabatan itu, mereka diwajibkan memilih minimal dua dan maksimal tiga jabatan.

Kemudian, mendapatkan tes tertulis dan wawancara selama dua hari, mulai 6-7 Desember 2016. “Jika lulus dan masih dipercaya, ya Alhamdulillah. Tapi, kalau lulus tapi engga dipercaya ya nggak apa-apa. Namanya juga amanah dari pak Bupati,” ujar salah seorang pejabat, yang enggan namanya dikorankan. (Nzr)

BAGIKAN