Hujan Masih Mengguyur, Rajabasa Gencarkan PSN

560
Idho Mai Saputra – Camat Rajabasa Sabilal, SE dan Kepala UPT PRI Rajabasa Syamsudin, SKM bersama petugas saat melakukan PSN dan penyemprotan larvaciding di Desa Canti, Jum’at (8/4) pekan lalu.

RAJABASA – Intensitas hujan yang masih tinggi menjadi alasan Pemerintah Kecamatan Rajabasa untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) serentak dan larvaciding secara rutin, Jum’at (8/4) pekan lalu.
Itu dilakukan untuk menekan perkembangan penyakit demam berdarah dengue (DBD) serta penyakit malaria yang ditularkan oleh nyamuk, di wilayah kecamatan yang kaya akan potensi alam ini.
Menurut Camat Rajabasa Sabilal, SE, PSN dan larvaciding ini dilakukan secara rutin bergantian disetiap desa. Tekhnisnya, dengan melakukan penyemprotan jentik nyamuk disekitar aliran sungai dan juga tempat-tempat berkembangnya nyamuk aides aygepty.
Kegiatan tersebut, dilakukan serentak sekaligus Jum’at bersih dan diikuti oleh seluruh jajaran pemerintah kecamatan mulai dari TP. PKK Kecamatan Rajabasa Najmia Sabilal, Ketua UPT PRI Syamsudin, SKM bersama dengan kader malaria desa.
“Karena kami ingin Rajabasa bebas DBD dan malaria. Apalagi, musim penghujan masih terus terjadi disebagian besar wilayah Kecamatan Rajabasa. Maka, kami terus mencanangkan program kebersihan lingkungan,”kata Sabilal disela kegiatan.
Sejauh ini, lanjutnya, baru terdapat tiga desa yang dilakukan larvaciding. Namun, pihaknya bersama PRI Rajabasa akan melakukannya di seluruh desa secara bertahap.
“Kalau untuk kegiatan Jum’at bersih sudah dilakukan secara serentak disetiap desa. Tetapi, untuk PSN nya akan kita lakukan secara bertahap. Karena, yang langsung melakukan penyemprotan adalah petugas kesehatan,”lanjutnya.
Diharapkannya, upaya tersebut mampu menjadikan masyarakat Rajabasa yang terbebas dari penyakit DBD dan Malaria. “Minimal, kita bisa menekan perkembangan penyakit DBD dan Malaria,”pungkasnya. (idh)

BACA :  Harga Kebutuhan Pokok Stabil Jelang Natal
BAGIKAN