Hujan Mengguyur, Sumur Warga Masih Kering!

807
ILUSTRASI

KALIANDA – Musim penghujan sudah terjadi disebagian besar wilayah Kabupaten Lampung Selatan. Namun, sejumlah sumur warga diwilayah Desa Palaspasemah, Kecamatan Palas masih mengalami kekeringan.
Kondisi tersebut membuat sebagian besar warga desa setempat terpaksa membeli air bersih. Itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih sehari-harinya.
Seperti yang dialami Yoyo (35), warga setempat. Dia mengatakan, beberapa warga lainnya kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, seperti mandi, mencuci dan memasak. Sebab, sumur masih mengalami kekeringan. Sehingga, dia harus menghemat air agar kebutuhannya tercukupi.
“Setiap hari kami harus menghemat air. Padahal, air merupakan kebutuhan paling pokok untuk kehidupan sehari-hari. Kalau kami tidak berhemat air, kebutuhan untuk air bersih tidak terpenuhi,”ungkap Yoyo, kemarin.
Debit air sumur yang ada, lanjutnya, hanya bisa menghasilkan sebanyak dua bak penampungan air. Itu juga setelah bersusah payah menunggu penampungan pada pagi dan sore hari.
“Batu disedot dua kali air didalam sumur sudah kering. Jadi, setiap pagi hari dan sore hari kami memompa air. Ya, itu juga hanya bisa menampung dua bak. Setelah itu air didalam sumur habis,”lanjutnya.
Senada diungkapkan M. Gapur (29) warga lainnya. Dia mengatakan, akibat air didalam sumur mengalami kekeringan ia terpaksa membeli air bersih dari daerah lainnya. Sebab, sumur miliknya dengan kedalaman sekitar 13-14 meter mengalami kering total.
“Saya terpaksa beli air dengan orang lain. Selama tiga hari kami menghabiskan air sebanyak 2 gentong dengan biaya yang dikeluarkan sebesar Rp10 ribu per gentong. Ya, lumayan untuk mencukupi kebutuhan air sehari-hari,”singkat M. Gopur. (idh)

BACA :  Gerakan Menghadap Laut Jilid II di Kedu Warna
BAGIKAN