Imunisasi MR Capai 93 Persen

369

GEDONGTATAAN – Capaian pelaksanaan imunisasi Measles Rubella (MR) di 11 kecamatan se-Kabupaten Pesawaran mencapai 93 persen. Capaian tersebut meliputi imunisasi MR yang dilaksanakan di sekolah maupun di seluruh wilayah puskesmas di Pesawaran

“Terakhir di Oktober ini untuk pelaksanaan imunisasi MR. Dan sampai dengan kemarin, capaian sudah mencapai 93 persen,” ungkap Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Aila Karyus mewakili Kepala Dinas Kesehatan Harun Tri Djoko, kemarin.

Dikatakan, meskipun pelaksanaan imunisasi MR usai dilaksanakan, tetapi bagi warga yang belum berkesempatan mendapat imunisasi MR, maka dapat mengikuti imunisasi MR melalui imunisasi rutin bulanan di puskesmas terdekat.

BACA :  Bupati Dendi Minta Sekolah Perhatikan Fasilitas MCK

“Bagi yang belum imunisasi, nanti bisa imunisasi di puskesmas. Tapi nanti belum sekarang, baik umur 9 hingga 18 bulan,” ucapnya.

Menurut Aila, meskipun masih terdapat anak-anak yang belum mau diimunisasi MR, pihaknya telah memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat akan manfaat dan pentingnya imunisasi MR.

“Memang masih ada yang belum mau atau tidak bersedia, namun kita sudah mengedukasi dan mengadvokasi kepada mereka,” ujarnya.

Dijelaskan, prinsip imunisasi adalah cakupan tinggi dan merata. Sehingga celah bagi virus untuk masuk dalam suatu komunity akan semakin dipersempit. Kalau cakupan imunisasi di suatu wilayah masih rendah, maka celah virus untuk masuk akan lebih mudah.

BACA :  Bupati Dendi : Cuci Tangan Pakai Sabun Mewujudkan Kehidupan Bersih Tanpa Penyakit

“Untuk itu imunisasi merupakan bentuk protec agar virus tidak dapat masuk,” imbuhnya.

Lebih jauh dirinya mengatakan, nantinya distribusi vaksin akan di drop oleh Kementerian Kesehatan kepada masing-masing kabupaten dan kota sesuai dengan kebutuhan daerah.

“Kalau vaksinnya nanti itu kan inatura, bukan dari provinsi tetapi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan,” pungkasnya. (Esn)

BAGIKAN