Ingin Prestasi, Pelajar Harus Tekun

1462
ILUSTRASI

TELUK PANDAN – Prestasi adalah suatu hasil dari apa yang telah diusahakan dengan menggunakan daya dan kekuatan, serta berkat ketekunannya dalam belajar.
Hal ini disampaikan kepala SDN 1 Sukajaya Lempasing, Kecamatan Teluk Pandan, Supriyantoro, S,Pd. Menurutnya, untuk mencapai prestasi yang di inginkan, para pelajar harus berusaha semaksimal mungkin dalam meraih prestasi dengan belajar.
Selain itu, para siswa harus tekun mengikuti pelajaran, rajin belajar seperti membaca buku, mengulang materi pelajaran, mengerjakan PR dan tugas serta mempelajari materi yang akan datang.
“Dalam menghadapi ujian, siswa juga harus lebih meningkatkan belajarnya,” kata Prio, sapaan akrap Supriyantoro, kemarin.
Dikatakanya, anak yang berprestasi jika sedang menghadapi test atau ujian biasanya akan meningkatkan kegiatan belajarnya dengan efektif, waktu belajar ditambah, meninggalkan kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan pelajaran, mempelajari soal-soal ujian, serta menjaga kesehatan dan berdoa.
“Untuk meraih prestasi, siswa harus konsentrasi ketika sedang ujian semester atau kenaikan kelas, percaya diri dan berdoa, serta tekun,” ujarnya.
Sebagai tenagan pendidik, dirinya menginginkan agar para siswa-siswi di SDN 1 Sukajaya Lempasing dapat berprestasi dan berakhlak mulia. Dalam berakhlak mulia, seorang siswa harus tekun beribadah, berdoa sesuai agamanya, suka beramal dan punya akhlak terpuji. Akhlak terpuji yang harus dimiliki siswa adalah rajin, hemat, cermat, sabar, rendah hati, jujur, disiplin, dan saling menghormati, serta memiliki tanggung jawab.
“Selain itu, para siswa juga harus mempunyai sifat sabar dan jujur. Baik jujur pada diri sendiri maupun orang lain, dengan begitu kita akan merasa tenang, semakin percaya diri, merasa optimis, banyak teman dan semangat dalam belajar,” imbuhnya.
Selanjutnya Prio juga berharap, agar siswa-siswi SDN 1 Sukajaya Lempasing dapat menerapkan gerakan disipilin, yang meliputi disiplin waktu, disiplin pada peraturan yang dilaksanakan baik dirumah maupun di sekolah. Contoh disiplin di rumah antara lain bangun tidur tepat waktu, makan tepat waktu, mandi tepat waktu, belajar tepat waktu dan lain-lain.
“Untuk disiplin disekolah, diharapkan para siswa tidak terlambat masuk sekolah, seragam dengan rapi, melaksanakan piket sesuai jadwal, membuang sampah pada tempatnya dan lain-lain,” tandasnya. (esn)

BAGIKAN