Inspektorat Belum Simpulkan Nominal

13
Ist.Radarlamsel – Jajaran Inspektorat Lampung Selatan sedang melakukan pemeriksaan kepada Kaur Keungan Desa Bumi Asih, Giman, Senin (14/10).

PALAS – Inspektorat Lampung Selatan terus melakukan penelusuran terkait dugaan penyimpangan Dana Desa (DD) yang dilakukan oleh mantan Penjabat Sementara Kepala Desa Bumi Asih, Kecamatan Palas, Turhamun.

          Hingga Senin (14/10) kemarin  jajaran Inspektorat Lampung Selatan masih melakukan pemeriksaan kepada perangkat Desa Bumi Asih. Bahkan program pembangunan fisik juga tak luput dari pemeriksaan jajaran Inspektorat.

          Inspektur Pembantu IV, Inspektorat Lampung Selatan Suang mengatakan, hingga memasuki pemeriksaan di hari ke dua ini pihaknya masih fokus melakukan pemeriksaan kepada Kaur Keuangan Desa Bumi Asih, Giman.

          “Hari ini pemeriksaan masih fokus kepada perangkat kaur keuangan desa. Karena kaur keuangan yang bertugas memegang uang tersesebut dan paham uang tersebut kemana. Kalau mantan Pjs Kades belum diperiksa,” kata Suang kepada Radar Lamsel, sesaat setelah melakukan pemeriksaan di Kantor Desa Bumi Asih.

BACA :  Buka-Tutup Bendungan Diberlakukan

          Suang menerangkan, pemeriksaan yang masih difokuskan kepala kaur keuangan desa ini dengan tujuan untuk mendalami berapa jumlah uang APBDes yang terpakai.

Saat disinggung berapa jumlah uang yang dipinjam oleh Turhamun. Suang juga mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya juga belum mengetahui berapa jumlah uang yang dipinjam oleh mantan Pjs. Kepala Desa Bumi Asih itu.

          “Kami belum bisa menyimpulkan berapa uang yang dipinjam oleh Turhamun. Namun setelah adanya pemerikasaan kepada kaur keungan ini mudah-mudahan jumlahnya bisa diketahui,” ucapnya.

          Pada pemeriksaan yang kedua kalinya, lanjut Suang, pihaknya tidak hanya melakukan pemeriksaan kepada Kaur Keuangan Desa Bumi Asih. Namun program pembangunan fisik berupa pembangunan drainase dan jalan rabat beton juga turut dilakukan pemerikasaan.

BACA :  Gaduh Aspal Tipis, Meski Sudah Diawasi

          “Seluruh program kegiatan diperiksa. Termasuk program pembangunan fisik yang dianggarkan melalui DD tahap kedua. Bahkan pihak ketiga yang menjadi penyuplai material juga kita lakukan pemeriksaan,” paparnya.

          Sementara itu Kepala Desa Bumi Asih, Poniran mengungkapkan pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan lanjutan. Dimana pemeriksaan pertama kali dilakukan oleh Inspektorat pada Jumat (11/10) pekan kemarin.

          “Ini sudah kedua kalinya kaur keuangan diperiksa pihak Inspektorat. Harapan kami dengan adanya pemeriksaan ini jumlah uang yang dipinjam bisa diketahui dengan pasti,” harapnya. (vid)

BAGIKAN