Jabatan Sekkab Lamsel Kosong!

898
Kepala BKPL Lamsel Akar Wibowo, S.H'

KALIANDA – Jabatan sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lampung Selatan lowong. Menyusul Ir. H. Sutono, M.M dilantik menjadi Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung dipenghujung tahun 2015 lalu.
Tak hanya jabatan Sekkab. Jabatan kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lamsel juga kosong. Sebab, Drs. Minhairin juga dilantik menjadi Kepala Biro (Karo) Keuangan Pemprov Lampung yang pelantikannya berbarengan dengan Sutono pada Kamis (31/12).
Kepala Badan Kepegawaian dan Pendidikan Latihan (BKPL) Lamsel Akar Wibowo, S.H membenarkan dua pejabat penting di Lamsel itu kini dilantik menjadi pejabat pemprov Lampung. Menurut Akar pelantikan dilakukan di Provinsi Lampung, Kamis (31/12) pagi.
“Iya, sudah pindah ke Provinsi. Pak Sutono menjabat Kadishut sedangkan pak Minhairin menjabat Karo Keuangan Pemprov,” kata Akar kepada Radar Lamsel melalui sambungan telepon.
Namun, Akar masih merahasiakan siapa pengganti jabatan sekkab dan Kepala BPKAD Lamsel yang lowong. Akar beralasan tim Badan Peritimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) tengah menggodok nama-nama yang layak menjabat sekkab dan kepala BPKAD.
“Iya, masih digodok. Sedang dibicarakan dengan Pj. Bupati. Yang jelas sepertinya tidak langsung definitif ya. Pelaksana tugas (Plt.),” kata mantan Sekretaris Badan Kepegawaian Provinsi Lampung itu.
Menurut Akar, Pemkab Lamsel tidak akan lama-lama membiarkan dua jabatan itu lowong. “Secepatnya akan kita isi. Mudah-mudahan besok (hari ini’red) sudah ada yang mengisinya,” ungkap Akar.
Sementara itu, Sutono kepada Radar Lamsel membenarkan mutasi yang dilakukan Pemprov Lampung tersebut. Terkait hal itu dirinya mengaku kaget. “Iya, saya kaget juga. Pak Pj. Bupati Kherlani juga sempat kaget,” ungkap Sutono kepada Radar Lamsel melalui layanan BBM.
Kendati begitu, Sutono mengaku tetap akan menjalani perintah negara yang diberikan kepada dirinya. Terlebih, sebagai abdi negara ia siap ditempatkan dimana saja. “Saya akan tetap mendedikasikan tenaga dan pikiran saya untuk Lampung Selatan,” ungkap Sutono.
Tak hanya Sutono. Minhairin juga mengaku kaget atas mutasi tersebut. Kepada Radar Lamsel, Minhairin sempat berpamitan sekaligus mengucapkan selamat tahun baru.
“Selamat tahun baru dan saya mohon pamit pindah tugas ke Provinsi,” tulis Minhairin melalui layanan SMS kepada Radar Lamsel.
Minhairin juga mengaku siap ditempatkan dimanapun sebagai abdi negara. Menurut dia, tugasnya sebagai aparatur sipil negara (ASN) untuk melayani rakyat Lamsel. Dalam kesempatan itu, Minhairin membantah ada kepentingan politis terkait mutasi dirinya. “Saya kira bukan urusan politik mutasi ini. Sebab, saat pilkada lalu saya diam saja,” ungkap Minhairin.
Sementara itu, sejumlah nama mulai beredar untuk mengisi jabatan Plt. Sekkab Lamsel pasca ditinggalkan Sutono. Diantaranya Ir. Erlan Murdiantono dan Ismar Kolina. Dua pejabat ini merupakan pejabat dengan pangkat tertinggi dan pejabat dengan umur paling senior. (edw)

BACA :  Ratusan Warga Dari 8 Desa Laksanakan Salat Istisqa
BAGIKAN